Mudik Lebaran, 14.511 Penumpang KA Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya
Petugas mengarahkan penumpang saat berada di Stasiun Gubeng Surabaya, Jatim. (FOTO ANTARA/HO-Humas PT KAI Daop 8)

Bagikan:

SURABAYA - Sebanyak 14.511 penumpang kereta api (KA) jarak jauh berangkat dari stasiun yang beroperasi di wilayah Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya pada arus mudik Lebaran tahun 2023  ini.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, pada hari pertama Posko Angkutan Lebaran 2023 atau pada Jumat (14/4) sebanyak 15.816 penumpang yang berangkat. Sedangkan hari kedua Sabtu ini Sebanyak 14.511 penumpang yang berangkat.

"Dari Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 6.215, Surabaya Pasarturi 5.233 dan dari Stasiun Malang sebanyak 4.378, sisanya dari Stasiun Bojonegoro, Lamongan, Mojokerto, Bangil dan Stasiun Wlingi Blitar," katanya dilansir ANTARA, Sabtu, 15 April.

Tujuan para penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 8 Surabaya, lanjutnya, ke Jakarta, Yogyakarta dan Bandung untuk tujuan arah selatan, sedangkan arah timur ke Jember dan Banyuwangi.

Sebelumnya, Daop 8 Surabaya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 untuk menandai hari pertama dilaksanakannya masa posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat.

KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran selama 19 hari dari 14 April hingga 2 Mei 2023.

Menurut Luqman, seluruh jajaran manajemen akan melaksanakan posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan kereta api dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

"Pada Lebaran tahun 2023 ini, KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan," ujarnya.

Untuk aspek sumber daya manusia (SDM), lanjutnya, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP.

"Para petugas frontliner seperti kondektur, prama atau prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan," ucapnya.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran yang tersedia semakin sedikit.

"Beberapa KA favorit telah terisi 100 persen pada tanggal tertentu. Seperti halnya KA Airlangga, KA Probowangi, KA Pasundan, KA Tawangalun, dan lain sebagainya," demikian Luqman Arif.