H+7 Lebaran, 12.700 Orang Masih Lakukan Mudik ke Kampung Halaman
Calon penumpang KA di Stasiun Senen/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Animo masyarakat melakukan mudik menggunakan kereta api masih terus berlanjut hingga Minggu, 8 Mei, kemarin.

Humas Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 543.300 tiket kereta api jarak jauh terjual untuk keberangkatan 22 April hingga 8 Mei. Kota tujuan para pemudik yang masih menjadi idola adalah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada VOI, Senin 9 Mei.

Dari data terakhir pada Minggu 8 Mei, kata Eva, di Stasiun Gambir terdapat 36 kereta api (KA) yang beroperasi, 8 KA diantaranya merupakan kereta tambahan.

"Minggu 8 Mei, kemarin, volume penumpang berangkat di Stasiun Gambir mencapai 11.700 penumpang atau 67 persen dari total tempat duduk tersedia sebanyak 17.700," katanya.

Meskipun lebaran 2022 telah terlewati, namun masih banyak masyarakat yang akan menuju sejumlah kampung halamannya. Mereka memilih keberangkatan pasca lebaran karena mengindari kepadatan penumpang.

Sementara di Stasiun Pasar Senen, sedikitnya ada 29 KA beroperasi. 3 KA di antaranya merupakan kereta tambahan untuk memfasilitasi para penumpang.

"Volume penumpang berangkat di Stasiun Senen sebanyak 12.700 atau 60 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.500," ujarnya.

Keberangkatan kereta api pasca lebaran, disebutkan Eva masih terjadi lonjakan penumpang.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ucapnya.