Salju Pegunungan Alpen Prancis Longsor di Ketinggian 3.500 Meter, Empat Orang Tewas
Salah satu sudut Pegunungan Alpen di wilayah Prancis. (Wikimedia Commons/Paasikivi)

Bagikan:

JAKARTA - Empat orang tewas dan sembilan lainnya terluka dalam longsoran salju di barat daya Mont Blanc, Pegunungan Alpen, Prancis, kata Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin pada Hari Minggu.

Longsoran salju terjadi pada tengah hari di Gletser Armancette, tulisnya di Twitter, seperti melansir Reuters 10 April. Gletser ini terletak di dekat desa dan resor ski Les Contamines-Montjoie.

Mereka yang terperangkap di dalamnya sedang bermain ski di pegunungan, kata Emmanuel Coquand, juru bicara Pemerintah Daerah Haute-Savoie, menambahkan bahwa mereka masih mengonfirmasi identitas para korban.

Lebih jauh dijelaskan olehnya, longsoran salju itu sangat luas, meliputi area seluas satu kilometer kali 500 meter (setengah mil kali 550 meter) pada ketinggian 3.500 meter. Adapun penyebab longsor masih diselidiki.

Sementara itu, Presiden Emmanuel Macron menulis di Twitter, tim penyelamat masih terus mencari korban lebih lanjut, menyampaikan duka citanya terhadap para korban dan keluarga mereka.

Pegunungan Alpen sendiri adalah tempat liburan utama selama akhir pekan Paskah yang panjang di Prancis.

"Untuk menemukan orang-orang yang masih tertimbun salju, layanan darurat telah dikerahkan," kata Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin, tanpa memberikan rincian dalam tweet-nya tentang kematian tersebut, seperti mengutip Euronews.

Stasiun radio lokal France-Bleu menyebutkan ukuran longsoran salju mencapai 1.000 meter dan lebar 100 meter. Dua helikopter dikirim untuk membantu pencarian, kata stasiun radio tersebut, mengutip prefektur setempat di Thonon.

Diketahui longsoran salju ini merupakan salah satu yang paling serius yang pernah terjadi di Prancis dalam beberapa tahun terakhir. Sejak tahun 2018 telah terjadi tiga kali longsoran salju yang menyebabkan kematian.

Pada 8 Mei 2021, tujuh orang tewas dalam dua longsoran salju di Pegunungan Alpen, yang pertama di Valloire (Savoie), di area celah Galibier, dan yang kedua di massif Vanoise..

Sementara pada 3 Mei 2021, lima orang kehilangan nyawa dalam dua longsoran salju terpisah, tiga orang tersapu di massif Ecrins (Hautes-Alpes) dan dua orang lainnya di sektor Ailefroide (Isère).

Jauh ke belakang, pada 2 Maret 2018, empat wisatawan ski Prancis terbunuh dan yang kelima terluka akibat longsoran salju di Entraunes (Alpes-Maritimes), sementara pemandu mereka ditemukan dalam keadaan selamat. Kelompok tersebut berada di tepi taman nasional Mercantour, jauh dari area ski mana pun.