Menko PMK Sebut Rute Obyek Wisata Jadi Titik Rawan Kecelakaan Libur Lebaran
Menko PMK Muhadjir Effendy/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut insiden kecelakaan kerap terjadi saat libur lebaran. Terutama di rute menuju tempat wisata.

Pernyataan itu disampaikan usai rapat koodinasi (rakor) bersama Kapolri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Perhubungan (Menhub), Menteri PUPR, Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Perdagangan (Mendag), dan lain-lain di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 6 April.

"Bahwa kecelakaan banyak terjadi di tempat wisata dan rute perjalanan menuju tempat wisata," ujar Muhadjir.

Dari data yang diterima, penyebab kerap terjadinya kecelakaan di area lokasi wisata karena faktor kelelahan pengemudi. Sebab, mayoritas pemudik akan memilih memaksakan diri ke tempat wisata walaupun jauh dari kampung halaman.

"Jadi semakin jauh perjalanan itu semakin peluang untuk terjadinya kecelakaan tinggi," ungkapnya.

Karena itu, saat arus mudik Lebaran 2023, Muhadjir mengimbau kepada masyarakat untuk tak memaksakan kondisi tubuh ketika berkendara. Tak perlu ragu untuk beristirahat di rest area yang sudah disediakan.

Soal keamanan, nantinya TNI-Polri akan menjaminnya, karenanya masyarakat tak perlu khawatir.

"Makanya disarankan supaya mereka yang melakukan perjalanan-perjalanan sangat jauh supaya sering beristirahat," kata Muhadjir.