Singgung Masalah Bangsa di Era Jokowi, AHY Janjikan Kesejahteraan Pelaku UMKM
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan sambutan pada Safari Ramadan 1444 Hijriah di Pendopo Haji Misan Samsuri (HMS), Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (27/3/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginginkan agar kesejahteraan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Air meningkat.

"Saya berharap seluruh kader Demokrat, baik di Jakarta maupun di seluruh pelosok tanah air terus membina pelaku UMKM agar ekonomi kita semakin kuat. Kita tahu, dampak pandemi COVID-19 masih dirasakan di sana sini," ujar AHY di sela-sela Safari Ramadan 1444 Hijriah di Pendopo Haji Misan Samsuri (HMS), Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur dilansir ANTARA, Senin, 27 Maret.

Menurut dia, sektor UMKM merupakan kekuatan ekonomi riil rakyat. Bahkan, sektor UMKM ini memberikan 60 persen kontribusi terhadap ekonomi nasional.

 AHY pada momen ini menyerahkan UMKM Award kepada pelaku UMKM yang dinilai konsisten berjuang untuk keluarga.

AHY juga menyoroti permasalahan bangsa lainnya, seperti pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) bagi bangsa Indonesia.

Menurut dia, program beasiswa Bidikmisi, sekarang dikenal dengan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan terus dilanjutkan.

"Melalui program Bidikmisi, kita berhasil meningkatkan jumlah penerima beasiswa dari 6,3 juta pada 2005 menjadi 11,3 juta pada 2013. Kita tahu, kebodohan adalah sumber dari kemiskinan. Kita tak ingin ada yang miskin dan bodoh di negara kita. Indonesia untuk Semua, tidak boleh hanya untuk satu gelintir kelompok saja," kata AHY.

Sementara itu, Ketua Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menegaskan, UMKM Award itu diberikan kepada pelaku usaha mikro skala rumah tangga yang senantiasa berjuang untuk perubahan dan perbaikan bagi keluarganya. 

"Ada 2.400 UMKM binaan Partai Demokrat Jakarta yang selalu konsisten membantu kami di setiap wilayah seperti melakukan branding Demokrat Bina UMKM sejak pandemi COVID-19 lalu, terlibat aktif dalam KTA-nisasi dan sebagainya. Alhamdulillah, ada 50 UMKM skala rumah tangga yang sekarang mendapat penghargaan dari Ketum AHY," ujar Mujiyono.

 

Menurut dia, UMKM binaan Partai Demokrat terus dipacu agar bisa naik kelas menjadi pengusaha sukses ke depannya. Bahkan, partainya membantu akses permodalan hingga pemasaran agar omset pelaku usaha mikro ini lebih meningkat.

Tak hanya itu, Demokrat Jakarta juga proaktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa melalui program beasiswa Bidikmisi yang digagas Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Demokrat Jakarta memfasilitasi sekitar 7.000 lebih mahasiswa Jakarta yang tidak mampu secara ekonomi agar bisa meneruskan pendidikan dengan bantuan program Bidikmisi.

"Dalam kick off Safari Ramadan 1444H ini, mas AHY juga memotivasi generasi bangsa untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, termasuk kepada 600 mahasiswa Bidikmisi perwakilan yang ada di Jakarta Timur ini. Kualitas SDM selalu menjadi prioritas kami agar bangsa ini bisa bersaing dengan bangsa lain ke depannya," kata Ketua Komisi A DPRD DKI itu.