Ada Demo Tolak Israel di Patung Kuda, Rute Transjakarta Ini Dialihkan
Photo by Apri Silla Ardianti on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan pengalihan sejumlah rute busnya sebagai imbas dari kegiatan aksi unjuk rasa yang dipusatkan di kawasan Patung Kuda hari ini.

Hari ini, sejumlah ormas islam berencana menggelar aksi demonstrasi menolak kedatangan tim nasional (timnas) sepak bola dari negara Israel ke Indonesia dalam ajang U20.

Ormas tersebut di antaranya Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Persaudaraan Islam (FPI), dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama. Diklaim, aksi bertajuk 203 Tolak Timnas Israel tersebut diikuti ratusan peserta.

"Kegiatan aksi masa di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat dan sekitarnya, berdampak pada beberapa layanan Transjakarta yang mengalami penyesuaian baik berupa pengalihan maupun perpendekan rute," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangannya, Senin, 20 Maret.

Apri menuturkan, kebijakan ini diambil agar tetap bisa memobilitasi masyarakat yang berkegiatan menggunakan rute-rute terdampak.

Jalanan akan kembali normal jika jalur sudah bisadilintasi bus kembali," ucap dia.

Berikut adalah sejumlah layanan Transjakarta yang mengalami penyesuaian:

1. Blok M – Kota (Koridor 1)

Untuk sementara mengalami pengalihan rute untuk kedua arah. Halte yang tidak melayani arah Kota yakni Halte Bank Indonesia dan Halte Monas, arah Blok M yakni Halte Monas.

2. Blok M – Senen (1P)

Untuk sementara mengalami pengalihan rute untuk arah Senen sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Bus stop yang tidak melayani pelanggan yakni Kementerian Pariwisata, Monas 1, Monas 2, Monas 3.

3. Pantai Maju – Balaikota (1A)

Untuk sementara mengalami perpendekan rute menjadi Pantai Maju – Juanda. Blus stop yang tidak melayani yakni Halte Monas dan Bus stop Balikota.

4. Pulogadung – Harmoni (Koridor 2)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung, sementara untuk arah sebaliknya normal. Halte yang tidak melayani pelanggan arah Pulogadung yakni Halte Monas, Halte Gambir 2, dan Halte Balaikota.

5. Pulo Gadung - Rawa Buaya (2A)

Untuk sementaramengalami pengalihan rute dikedua arah. Sementara arah Rawa Buaya tidak melayani Halte Kwitang – Monas dan arah Pulogadung tidak melayani Halte Monas – Gambir 2.

6. Juanda - Bundaran HI (2ST)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Juanda dan arah sebaliknya normal. Halte yang tidak melayani yakni Halte Bank Indonesia arah utara dan Halte Monas.

7. Kalideres - Bundaran HI (Koridor 3)

Untuk sementara mengalami pengalihan rute dikedua arah. Halte yang tidak melayani adalah halte Petojo.