Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta pada hari ini, Sabtu, 18 Maret.

Pertemuan keduanya untuk membahas beberapa hal termasuk soal Pemilu 2024.

"Dalam pertemuan tersebut tentu saja dibahas berbagai hal penting terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 18 Maret.

Tak dirinci apa saja isi pembahasan yang berkaitan dengan Pemilu 2024 antara Megawati dan Jokowi tersebut. Hasto hanya mengungkap pertemuan terjadi selama tiga jam.

Pada dua jam pertama, Megawati secara khusus bertemu dengan Jokowi dan bernostalgia saat dirinya masih tinggal bersama sang ayah, Presiden Pertama RI Soekarno di istana. Sementara sisanya, Megawati, Jokowi bersama Hasto dan Menteri Sekretaris Kabinet yang juga kader PDIP Senior Pramono Anung makan bersama.

Kedua tokoh, sambung Hasto, juga sempat membahas masalah bangsa. Termasuk membangun kesepahaman arah masa depan, serta berbagai agenda strategis terkait kebijakan luar negeri menghadapi berbagai tantangan geopolitik serta mendorong penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi, termasuk mewujudkan kedaulatan pangan.

"Bahkan Ibu Mega menunjukkan berbagai hal yang bersifat untold story kepada Presiden Jokowi dan sekaligus menyampaikan bagaimana ide, pemikiran, gagasan dan cita-cita Bung Karno bagi Indonesia dan dunia," jelasnya.

Adapun pertemuan berjalan dengan suasana akrab karena Megawati dan Jokowi begitu dekat. Ada berbagai jamuan yang disajikan saat momen makan bersama itu.

"Bapak Presiden Jokowi mempromosikan Sayur Lodeh sebagaimana menjadi kegemaran Bung Karno; nasi goreng seafood, sop ayam kampung, dan tentu saja krupuk khas Solo," pungkas Hasto.