Warga Bakar Sampah, Lahan Seluas Satu Hektare di Bangka Ludes Terbakar
Kebakaran lahan di Kabupaten Bangka. (Foto via Antara)

Bagikan:

BANGKA - Lahan seluas satu hektare di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ludes terbakar. Penyebabnya, ada warga yang membakar sampah dilokasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk memadamkan api.

"Terbakarnya lahan dekat Perumahan Green Hill tersebut terjadi pukul 10.40 WIB dan api berhasil dipadamkan pukul 11.45 WIB," kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Ridwan, seperti dicatut dari Antara, Sabtu, 18 Maret.

"Api dari bakaran sampah menjalar ke lahan yang berada tepat di belakang komplek perumahan yang diketahui banyak tanaman mudah terbakar," lanjutnya.

Api berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran dan tim unit reaksi cepat sehingga tidak menjalar ke area lebih luas.

"Dalam penanganan kebakaran di lahan dekat kompleks perumahan itu, diturunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil penyemprot," ujar dia.

Pihaknya menerima laporan kebakaran lahan dari warga kompleks perumahan setempat melalui layanan WhatsApp.

"Meskipun dalam musibah kebakaran lahan tersebut tidak mengakibatkan korban namun menjadi perhatian seluruh masyarakat agar mewaspadai kondisi lingkungan sekitar saat hendak membakar sampah, pastikan lingkungan aman dan jauh dari kawasan hutan atau lahan," kata dia.

Ridwan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang peduli dengan kondisi keamanan lingkungan termasuk cepat memberikan laporan ketika terjadi bencana.