PT KAI Upayakan Rel di Empang Bogor Dapat Dilintasi Satu Jalur
Penampakan rel jalur lintasan Stasiun Paledang-Stasiun Batutulis Bogor, Jawa Barat arah Sukabumi, Jawa Barat yang diberi garis pembatas tanda tidak digunakan akibat longsor tebing penahan tanah (TPT) /ANTARA/Linna Susanti

Bagikan:

BOGOR - PT KAI Daop 1 Jakarta berupaya mengaktifkan jalur sisi kanan rel dari arah Stasiun Paledang karena tanah di bawahnya tidak ikut tergerus longsor tebing penahan tanah (TPT) Kampung Sirna Sari Kelurahan Empang, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Longsor TPT di lokasi tersebut menyebabkan rel di sisi kiri dari arah Paledang menuju Stasiun Batutulis menggantung sepanjang 25 meter, sehingga tidak dapat dilalui oleh kereta api Pangrango jurusan Bogor-Sukabumi sejak Selasa(14/3) malam hingga Rabu (15/3) malam ini.

"Upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis terus dilakukan tim prasarana PT.KAI Daop 1 bersama DITJENDKA Kemenhub hingga malam ini, kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dikutip ANTARA, Rabu, 15 Maret. 

Eva menerangkan, salah satu upaya PT KAI hingga malam ini di antaranya melakukan sejumlah perkuatan konstruksi rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor, agar memungkinkan dapat di lewati kereta api satu jalur dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan.

"Sebelum dioperasikan, proses uji coba menggunakan lokomotif juga akan dilakukan. Jika dari sisi keselamatan jalur dinyatakan aman maka KA Pangrango dapat dioperasikan," katanya. 

Sementara,  untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan akan dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai di nyatakan aman untuk operasional KA.

Berdasarkan data pada Rabu 15 Maret 2023 terdapat sekitar 800 tiket yang sudah diproses untuk pembatalan dengan bea tiket yang diganti 100 persen. Adapun proses pembatalan tiket bagi calon pengguna yang terdampak pembatalan perjalanan KA Pangrango dapat dilakukan hingga 7 hari kedepan di loket Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi.

"Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan," katanya.