Presiden Jokowi Ingin Kota/Kabupaten Miliki Pengelolaan Sampah Terpadu 
Presiden Jokowi di Denpasar, Bali/FOTO: Dafi-VOI

Bagikan:

DENPASAR - Presiden Jokowi meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, Bali. Jokowi ingin setiap kabupaten/kota memiliki TPST.

"Kita ingin contoh satu saja pengolahan yang benar. Sistemnya terserah, mau dengan TPST seperti ini pengolahan sampah terpadu," kata Jokowi di Denpasar, Bali, Senin, 13 Maret.

"Tapi contohnya harus ada dulu. Kita sudah puluhan tahun mendesain pengolahan sampah ini tidak ada yang jadi. Sekarang ini jadi di Denpasar. Ini yang mau kita copy, karena cost-nya jelas, anggarannya jelas sehingga kabupaten dan kota yang lain tiru saja," imbuhnya.

Jokowi saat peresmian mengatakan, TPST Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, merupakan pengelola pertama dengan sistem sederhana.

"Saya ingin agar pengolahan sampah terpadu ini bisa di-copy oleh kota dan kabupaten lain di seluruh Tanah Air sehingga penanganan sampah tidak menjadi masalah bagi kota dan kabupaten yang kita miliki," ujarnya.

"Manajemennya saya lihat juga sangat rapi dan bagus. Dan, kita harapkan ini betul-betul bisa nanti menginspirasi kota dan kabupaten yang lain, untuk juga memiliki tempat pengolahan sampah terpadu seperti yang ada di Bali ini," ujarnya.