Apa Itu Buffer Zone dan Fungsinya untuk Kawasan TBBM
Ilustrasi buffer zone (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengamat sosial Dr Mukhijab menyatakan penting adanya buffer zone di kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang. Buffer zone adalah zona pengaman objek vital nasional (Obvitnas). 

Yang dimaksud Obvitnas adalah kawasan/lokasi, bangunan/instalasi dan/atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan sumber pendapatan negara yang bersifat strategis. 

“Buffer zone penting sekali. Karena tinggal di sekitar Obvitnas seperti TBBM Plumpang, tentu sangat berbahaya. jadi memang memprihatinkan dari sisi keselamatan dan sangat berisiko,” kata Dr Mukhijab dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (12/3) dilansir dari Antara.

Mukhijab menilai bahwa banyaknya masyarakat yang mendiami kawasan buffer zone merupakan fenomenal sosial di Indonesia, khususnya di daerah perkotaan. Namun masih banyak orang yang tidak tahu apa itu buffer zone dan fungsinya. 

Apa Itu Buffer Zone?

Buffer zone adalah suatu kawasan/ruang yang menjadi bagian dari ruang terbuka hijau berfungsi sebagai kawasan penyangga. Berdasarkan laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), zona penyangga atau buffer zone perlu ada di setiap depot Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Pasalnya depot BBM merupakan area sekelilingnya terdapat zat-zat yang rentan terbakar sehingga termasuk kawasan yang berbahaya. Tujuan adanya buffer zone di setiap depot BBM adalah untuk menghindari risiko-risiko berbahaya yang tidak diinginkan.

Itulah mengapa perlu adanya lahan yang dibebaskan atau area penghijauan di sekitar lokasi depot BBM. Keberadaan buffer zone atau zona penyangga menjadi pengaman di area berbahaya tersebut. Buffer zone merupakan bagian dari aspek HSSE (Health, Safety, Security and Environment) di sekeliling wilayah tangki timbun yang rentan terbakar. 

Perlu Adanya Buffer Zone di TBBM Plumpang

Kawasan TBBM Plumpang membutuhkan adanya zona aman yang lebih memadai lantaran jarak pemukiman warga terlalu dekat dengan depot. Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan masyarakat. 

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan buffer zone di Depo Pertamina Plumpang sebenarnya sudah direncanakan. Presiden Jokowi mengatakan bahwa kawasan Plumpang seharusnya merupakan zona air, bukan menjadi pemukiman padat penduduk. 

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan kirinya sungai," ucap Jokowi di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada Minggu (5/3/2023).

Namun rencana pembangunan buffer zone tersebut belum sampai pada pencarian solusi  bagi warga yang tinggal di sekitar Depo Pertamina Plumpang. Presiden Jokowi meminta Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk bertindak cepat mencari solusi atas permasalahan tersebut. 

Penyebab Banyak Masyarakat Tinggal di Kawasan Buffer Zona

Dr Mukhijab berpendapat bahwa banyaknya masyarakat yang menetap di kawasan buffer zone merupakan fenomena sosial di tanah air. Penyebabnya karena masyarakat miskin sulit membeli rumah dan keberadaan lahan sangat terbatas. Banyak masyarakat kemudian bersikap pragmatis hingga mengabaikan aspek keselamatan dan legalitas. 

“Jadi problemnya memang terletak pada sosial ekonomi. Mereka tahu bahwa lahan itu terlarang dihuni dan terkait keselamatan aset negara, tetapi mereka sering menghalalkan segala cara untuk bisa tinggal,” kata Dr Mukhijab. 

Dr Mukhijab mencontohkan pentingnya buffer zone di masyarakat yang tinggal di daerah gunung berapi. Warga yang mendiami lereng gunung berapi tidak diperbolehkan tinggal dalam jarak tertentu dari puncak gunung. Warga pun sudah menyadari terkait berbagai risiko buruk yang bisa menimpa. 

Dr Mukhijab menekankan bahwa seharusnya pihak terkait bersikap tegas pada permasalahan tersebut, meski problemnya terkait sosial ekonomi. Aparat sudah seharusnya melarang ketika warga mulai mendekati Obvitnas dan bertempat tinggal di sana. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu buffer zone dan pentingnya keberadaannya di Obvitnas, seperti TBBM Plumpang. Buffer zone adalah kawasan yang merupakan bagian dari ruang terbuka hijau untuk pengaman di area berbahaya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.