Bagikan:

YOGYAKARTA - Rafael Alun Trisambodo, mantan pejabat Dewan Jenderal Pajak (DJP), memakai layanan Safe Deposit Box (SDB) untuk menyimpan asetnya. menemukan adanya uang sebanyak Rp37 miliar milik Rafael Alun yang disimpan di kotak penyimpanan harta atau Safe Deposit Box. Apa itu Safe Deposit Box?

Rafael Alun diketahui memasukkan aset uangnya tersebut di dalam safe deposit box PT Bank Mandiri Tbk atau BMRI. Bank Mandiri pun membenarkan adanya penyimpanan uang Rafael Alun di SDB. Namun pihak bank tidak membeberkan keterangan lebih detail terkait hal itu karena menyangkut kerahasiaan data nasabah. 

Saat ini PPATK telah memblokir akses Rafael Alun Trisambodo, sehingga tidak bisa mengambil uangnya yang tersimpan di SDB. Banyak masyarakat yang belum tahu mengenai apa itu Safe Deposit Box.

Apa Itu Safe Deposit Box?

Safe Deposit Box (SDB) adalah layanan atau jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dibuat menggunakan material khusus dari bahan baja/ Safe Deposit Box ditaruh dalam ruangan khusus yang kokoh dan tahan api demi keamanan barang tersebut, sehingga nasabah atau penggunanya merasa aman. 

Aset atau barang yang disimpan di Safe Deposit Box biasanya merupakan barang yang bernilai tinggi, seperti mata uang, surat berharga, saham, perhiasan atau logam mulian, hingga sertifikat atau dokumen lain. 

Para penggunanya memilih menyimpan uang di SDB karena merasa lebih aman dibanding menyimpan uang di rumah atau di tempat lainnya. Sistem keamanan untuk menjaga Safe Deposit Box dioperasikan selama 24 jam. Diperlukan kunci khusus dari bank penyedia layanan untuk membuka SDB. Untuk menggunakan layanan ini, umumnya biaya asuransi barang yang disimpan di SDB relatif lebih murah. 

Harga Sewa Safe Deposit Box

Setiap bank memiliki kebijakan berbeda-beda untuk harga sewa menggunakan layanan Safe Deposit Box. Perbedaan harga juga tergantung dari ukuran SDB yang dipilih. Berikut harga sewa layanan SDB.

  • Harga Sewa Safe Deposit Box Bank Mandiri

Berdasarkan laman resmi Bank Mandiri, layanan Safe Deposit Box tersedia dalam beragam pilihan ukuran, mulai dari Mini Kecil, Sedang, Besar, Ekstra 1, dan Ekstra 2. SDB berukuran besar memiliki harga sewa yang lebih tinggi. 

Safe Deposit Box mini memiliki ukuran tinggi 12,5 cm, lebar 12,5 cm, dan panjang 60 cm. Untuk biaya sewanya, pengguna harus membayar Rp200.000 per tahun. Sementara untuk SDB ukuran kecil memiliki ukuran tinggi 7,5 cm, lebar 25 cm, dan panjang 60 cm. Tarif sewa SDB Kecil yakni sebesar Rp500.000 per tahun. 

SDB paling besar atau Ekstra 2 memiliki ukuran tinggi 87,5 cm, lebar 37,5 cm, dan panjang 60 cm. Untuk memakai layanan SDB Ekstra 2, pengguna harus membayar tarif sewa mencapai Rp3 juta per tahun. Harga tersebut belum termasuk biaya PPN sebesar 11 persen. 

Selain itu, pengguna juga dikenakan biaya jaminan kunci yakni sebesar Rp1 juta. Biaya jaminan ini dibayarkan satu kali saat pertama mendaftar Safe Deposit Box dan akan dikembalikan saat penutupan penggunaan layanan SDB. 

  • Harga Sewa Safe Deposit Box Bank BNI

Bank BNI menyediakan layanan Safe Deposit Box dalam 10 ukuran/tipe. Tarif penyewaan SDB per tahunnya juga dibedakan berdasarkan total rata-rata saldo minimal nasabah di tabungan. 

Contohnya, Safe Deposit Box dengan ukuran 3 x 5 x 24 dipatok harga sewa sebesar Rp200.000 per tahun bagi nasabah dengan total rata-rata saldo minimal Rp10 juta. Sementara untuk nasabah yang memiliki total rata-rata saldo kurang dari Rp10 juta maka dikenakan tarif sewa Rp400.000 per tahun. 

Sedangkan untuk Safe Deposit Box ukuran paling besar 48 x 30 x 24, harga sewanya yakni Rp11,5 juta per tahun untuk nasabah dengan total rata-rata saldo minimal Rp10 juta. Sementara nasabah yang memiliki total rata-rata saldo kurang dari Rp10 juta, maka dikenakan biaya sewa DSB sebesar Rp12,25 juta per tahun. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu Safe Deposit Box dan harga sewanya. Banyak orang memilih memakai layanan SDB dari perbankan karena memilih sejumlah kelebihan untuk menyimpan aset atau harta kekayaan, khususnya dalam hal keamanan yang terjamin. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.