Janji Gubernur Kalbar Bang Midji, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal Mulai Tahun Ini
Gubernur Kalbar Sutarmidji/DOK Instagram @bang.midji

Bagikan:

KAPUAS HULU - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji optimistis tahun ini tidak ada lagi desa tertinggal di provinsi tersebut.

"Untuk di Kalbar masih ada 94 desa dengan status desa tertinggal, mudah-mudahan tahun ini selesai dan tidak ada lagi desa tertinggal," kata Sutarmidji yang akrab disapa Bang Midji dilansir ANTARA, Minggu, 12 Maret.

Menurut Sutarmidji, di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) saat ini sudah tidak ada lagi desa sangat tertinggal, bahkan sudah ada 586 desa mandiri.

Karena itu, Bang Midji bertekad terus mendorong agar semakin banyak desa berstatus desa mandiri dan tidak ada lagi desa tertinggal.

Menurut dia, untuk menjadi desa mandiri tidaklah sulit asalkan kepala desa memahami dan tahu 54 indikator. Pihak desa bisa bekerja dengan lebih sistematis agar mampu memperoleh status desa mandiri.

"Kadang hal-hal sepele, siskamling tak ada, tempat olahraga, itu kan hal sederhana dan saya yakin tak perlu biaya besar," katanya.

Dia menilai, langkah yang diambil pemerintah pusat sangat tepat. Hal tersebut tidak lain agar kemajuan desa yang ada di seluruh Indonesia dapat terukur.

Bang Midji berjanji memberikan perhatian khusus kepada desa yang sudah mandiri sebagai bukti apresiasi pemerintah. Salah satunya dengan memberikan kendaraan operasional.

"Saya akan berikan apresiasi bagi desa yang bisa mewujudkan desa mandiri," katanya.