Bagikan:

Depok - Sebanyak 4.658 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari jenjang vokasi hingga program doktoral diwisuda pada semester gasal tahun akademik 2022/2023 yang dilakukan sepenuhnya tatap muka di Balairung, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Dalam pesannya kepada seluruh wisudawan, Rektor UI Ari Kuncoro menyebut untuk terus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Ia juga meminta agar wisudawan dapat berkarya dengan menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan bangsa dan global.

"Karena UI hadir berinovasi unggul untuk Indonesia dan dunia," pesan Ari dikutip ANTARA, Sabtu, 11 Maret.

Wisuda dilakukan pada Jumat dan Sabtu. Dalam seremoni yang dipimpin Rektor UI Ari Kuncoro ada sebanyak 2083 mahasiswa diwisuda.

Dari total 4.658 wisudawan UI, 16 orang merupakan lulusan Program Diploma, Program Sarjana berjumlah 1.970 orang, Program Kelas Internasional berjumlah 187 orang, dan Ekstensi berjumlah 105 orang.

Sementara dari kelas pascasarjana, Program Profesi berjumlah 381 orang, Program Spesialis dan Sub Spesialis berjumlah 305 orang, lulusan Program Magister berjumlah 1.543 orang, dan lulusan Program Doktor berjumlah 151 orang.

Adapun wisudawan peraih IPK tertinggi dan sempurna pada wisuda dengan nilai 4 adalah Dr. Mazytha Kinanti Rachmania Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Mardiana Purwaningsih dari Fakultas Ilmu Komputer, dan 8 mahasiswa dari Fakultas Teknik, yaitu Dr. Moch. Syaiful A. Muhammad Risky Mirwandhana, Ari Trifanli, Felix Larry F Sinaga, Syahril Aditya Ginanjar, Budi Utomo, Muhammad Nizami, dan Regina Lionnie.

Dalam acara wisuda juga dilakukan penyerahan secara simbolik Program Penghimpunan Dana Abadi Universitas Indonesia.Dana ini merupakan kontribusi dari wisudawan selaku alumni baru kepada UI senilai lebih dari satu miliar. 

Dana diperoleh melalui penyisihan biaya wisuda yang dibayarkan setiap wisudawan. Nantinya, dana ini akan digunakan untuk usaha memajukan almamater UI termasuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa UI yang membutuhkan.