Hampir 100 Persen,  Coklit Pemilu 2024 Diyakini KPU Rampung 14 Maret
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan perkembangan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di beberapa daerah sudah hampir 100 persen. 
 

KPU Optimis, tahapan Pemilu 2024 yang terlaksana sejak 12 Februari akan rampung sesuai target pada 14 Maret mendatang. 

 

"Sejauh ini, sudah ada beberapa daerah yang coklitnya mencapai 70-80 persen,” ujar Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos dalam keterangannya, Minggu, 5 Maret. 

 

Menurut Betty, proses coklit sejauh ini tidak mengalami masalah. Karenanya, dia memastikan, semua Pantarlih yang bertugas bisa memaksimalkan tugasnya di sisa waktu hingga 14 Maret.

"Kami belum dapatkan berita bahwa persoalan-persoalan di lapangan tidak ada solusinya, semua ada solusinya. Kalau kami secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada kerja-kerja pantarlih sangat luar biasa di lapangan ketika melakukan coklit,” katanya. 

 

Selain melakukan coklit, tambah Betty, Pantarlih juga melakukan diskusi untuk mengevaluasi dan menyampaikan sejauh mana perkembangan kerja coklitnya di lapangan setiap 10 hari. 

 

“Kami punya mekanisme di mana Pantarlih dikumpulkan PPS untuk diskusi, rapat kecil begitu ya untuk bicara sudah sejauh mana coklit dilakukan, mendatangi rumah siapa saja perharinya, kendalanya apa saja,” jelas Betty.