Peserta PPPK Guru di Rejang Lebong Harap Sabar, Pengumuman Masih Menunggu Kemendikbud
Ilustrasi penerimaan PPPK Guru 2022. (Foto via Antara)

Bagikan:

REJANG LEBONG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, belum mengumumkan hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru pada 2022.

Hal ini disebabkan belum adanya pengumuman dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Padahal, seleksi PPPK guru di daerah itu sudah dilaksanakan pada Desember 2022 dengan kuota 141 orang.

"Saat ini kita masih menunggu pengumuman dari Kemendikbud. Untuk itu kalangan peserta yang sudah mengikuti seleksi agar bersabar, karena permasalahan ini juga dialami oleh daerah lainnya bukan hanya di Rejang Lebong," kata Kepala Disdikbud Rejang Lebong, Rezza Pakhlevie, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 4 Maret.

Dia menjelaskan jika sesuai dengan tahapan seleksi PPPK guru, seharusnya peserta yang lolos sudah diumumkan pada 2-3 Februari 2023.

Proses penjaringan PPPK guru tersebut, kata dia, tidak dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti pada seleksi PPPK kesehatan maupun umum, di mana penilaian dilaksanakan oleh guru senior, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dilakukan secara daring.

Dia berharap, pengumuman hasil seleksi PPPK guru pada 2022 dapat segera diumumkan pemerintah pusat sehingga mereka yang lulus bisa langsung bertugas mengingat Kabupaten Rejang Lebong sekarang sedang mengalami krisis guru.

Untuk memenuhi ketersediaan guru di Kabupaten Rejang Lebong, pihaknya pada 2023 akan kembali mengajukan permintaan kuota guru PPPK dan melalui seleksi CPNS ke pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Rejang Lebong M. Andhy Afrianto yang dihubungi terpisah menyatakan belum mengetahui secara pasti kapan hasil seleksi PPPK guru pada 2022 akan diumumkan.

Pihaknya sudah berkirim surat kepada pihak Kemendikbud guna menanyakan pengumuman itu, namun belum mendapat jawaban pasti dan hanya diminta menunggu.