Kapolri Jelaskan Awal Mula Kebakaran Depo Plumpang, Terjadi Tekanan Berlebih Saat Pengisian Pertamax
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo /FOTO: Theresia Agatha-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Sigit mengatakan, kebakaran tersebut terjadi saat pengisian BBM jenis Pertamax di lokasi. 

"(Dugaan penyebab) sementara yang bisa kami jelaskan pada saat kejadian kemarin kurang lebih jam 20.00 WIB, sedang terjadi pengisian atau penerimaan minyak jenis Pertamax dari Balongan di Depo Plumpang," katanya kepada wartawan di lokasi, Sabtu, 4 Maret.

Sigit menyebut, pada saat pengisian BBM tersebut, terjadi gangguan teknis di lokasi, sehingga hal itu menyebabkan munculnya tekanan kuat dan kebakaran.

"Kemudian, terjadi suatu gangguan teknis yang kemudian mengakibatkan tekanan berlebih. Setelah itu, didapati peristiwa terbakar," ujarnya.

Tapi belum bisa disimpulkan penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Penyelidikan masih dilakukan. 

"Saat ini, kami sedang mengumpulkan saksi-saksi, kemudian CCTV, hal-hal yang kami perlukan sifatnya sangat teknis. Kemudian, pendalaman terkait dengan peristiwa yang terjadi untuk menyimpulkan (penyebab) terjadi kebakaran yang disengaja atau hal lain menjadi kesimpulan kami setelah melakukan pemeriksaan," imbuhnya.