Butuh 5 Kali Bolak-balik Evakuasi Seluruh Korban Helikopter Rombongan Kapolda Jambi
Salah satu korban kecelakaan helikopter Polairud Polda Jambi tiba di RS Bhayangkara Polda Jambi, Selasa (21/2/2023). (ANTARA/Nanang Mairiadi)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan tim SAR gabungan mesti lima kali bolak-balik dalam proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan yang menjadi korban insiden helikopter mendarat darurat di perbuktian Kerinci.

Sedianya, seluruh korban insiden itu telah dievakuasi. Saat ini mereka dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi guna perawatan medis.

"Kemudian sampai dengan 5 kali kegiatan alhamdulillah sampai saat ini," ujar Jenderal Sigit di Jambi, Selasa, 21 Februari.

Proses evakuasi pertama kali dilakukan pada pukul 14.27 WIB. Kala itu, empat orang berhasil dievakuasi dari titik helikopter mendarat darurat.

Mereka antara lain, ADC Briptu Muhardi Aditya dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira.

Kemudian Direktur Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, dan yang terakhir kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul.

Hingga akhirnya, seluruh korban bisa dievakuasi beberapa jam kemudian, termasuk Kapolda Jambi Irjen Rusdri Hartono.

Setelah proses evakuasi rambung, lanjut Sigit, kondisi Kapolda Jambi dalam kondisi sehat.

"Kapolda Jambi yang baru mendarat kondisinya masih sadar, cukup stabil dan saya sempat berbincang-bincang dengan beliau dan sekarang sedang dibawa ke rumah sakit Bhayangkara," kata Sigit.