Bagikan:

JAKARTA - Tim gabungan dan relawan akhirnya berhasil menemukan lokasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan yang mengalami kecelakaan helikopter di Bukit Tamia, Kerinci, Jambi.

Tim sudah memberikan logistik untuk rombongan Kapolda Jambi, termasuk power bank guna memudahkan komunikasi. Berikut adalah detik-detik ketika akhirnya tim berhasil menemukan seluruh rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi, seperti informasi dari Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Senin 20 Februari.

Pukul 04.00 WIB

Pukul 04.00 WIB, Tim Evakuasi Darat berhasil menemukan rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. Tim lalu memberikan bantuan makanan tambahan Polri (MTP), selimut serta suplai air melalui Helikopter Dit Pol Airud.

Total ada 350 personel SAR di bawah pimpinan Kapolres Kerinci AKBP Patria Yudha Rahadian yang diterjunkan untuk mencari dan melakukan evakuasi seluruh korban.

Helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan Nomor Registrasi P-3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mengalami pendaratan darurat akibat cuaca buruk.

Pukul 10.00 WIB.

Mabes Polri sudah berkomunikasi dengan Kapolda Jambi dan rombongan. Tim darat yang sampai di lokasi telah menentukan titik penjemputan.

Proses evakuasi masih berjalan, baik tim darat maupun tim udara. Proses evakuasi dari udara rencananya dilakukan tanpa mendarat karena pertimbangan cuaca dan medan dari lokasi heli mendarat darurat yang berada di ketinggian.

Selain itu, Polri menyiapkan satu unit pesawat yang akan digunakan membawa Kapolda Jambi dan rombongan apabila membutuhkan perawatan intensi di RS Polri.

"Jadi rumah sakit yang kami persiapkan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jambi dan pesawat kami siapkan apabila penanganan di rumah sakit tidak mampu nanti pesawat kami terbangkan ke Jakarta agar perawatan medis lebih efisien, efektif, dan maksimal penanganan korban," kata Dedi.