17 Warga Masih Dirawat di RSUD Ternate Usai Diduga Keracunan Hidangan Acara Ultah Tetangganya
Foto via Antara.

Bagikan:

MALUKU - Sebanyak 17 warga diduga keracunan makanan acara ulang tahun (ultah) tetangganya di salah satu kelurahan di Kecamatan Ternate Barat, Maluku Utara (Malut).

Kepala Sub Bidang Hukum dan Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Chasan Boesoirie Ternate, Susi Tjeng mengatakan, belasan warga diduga keracunan itu dirawat pihaknya setelah dirujuk.

"Ada 17 yang dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie, orang dewasa empat dan 13 anak-anak sementara satu tadi udah rawat jalan jadi tersisa di sini 16," ujarnya di Ternate, Malut, Senin 20 Februari, disitat Antara.

Dia menjelaskan, keluhan pasien yang diduga keracunan itu antara lain mual, muntah, hingga diare.

Ia mengungkapkan makanan yang mereka santap saat acara hajatan berupa nasi kuning, mihun, dan tempe.

"Sekarang sudah agak sedikit membaik, cuman ada masih keluhan diare, sambil dirawat hingga sembuh baru pulang ke rumah masing-masing," katanya.

Pada Minggu 19 Februari, puluhan warga Kota Ternate dirawat di rumah sakit untuk menjalani pengobatan. Mereka diduga mengalami keracunan usai menyantap makanan yang disediakan dalam bentuk nasi kotak saat menghadiri acara perayaan hari ulang tahun salah satu warga.

Kapolsek Pulau Ternate Ipda Ni Made Chandra Dewi saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Ternate Barat pada Sabtu 18 Februari.

Setelah mengetahui informasi itu, personel Polsek Pulau Ternate diterjunkan untuk mengevakuasi para korban ke rumah sakit.

"Bersama bhabinkamtibmas kami langsung turun TKP membantu korban untuk dirujuk ke beberapa rumah sakit," tandasnya.