Melihat Lebih Dekat Sangarnya Peluncuran Rudal Balistik Korut yang Disebut-sebut Bisa Capai Daratan AS
Foto via KCNA

Bagikan:

JAKARTA - Sudah tiga rudal balistik dilepaskan Korea Utara dalam hitungan 3 hari. Media resmi Korea Utara (The Korean Central News Agency - KCNA) merilis foto bagaimana peluncuran rudal balistik yang bikin Korsel-AS-Jepang tersengat.

Korea Utara memang baru saja menembakkan dua rudal balistik lagi di lepas pantai timurnya. Saudara perempuan pemimpin Kim Jong-un bolak-balik memberi peringatan kepada pasukan Amerika Serikat untuk menghentikan latihan militer mereka dengan Korsel kalau tak mau mengubah Pasifik menjadi 'lapangan tembak'.

Peluncuran itu dilakukan hanya dua hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke laut lepas pantai barat Jepang.

Media pemerintah Korea Utara mengonfirmasi, negara itu menembakkan dua proyektil dari beberapa peluncur roket, yang membidik target masing-masing sejauh 395 km (245 mil) dan 337 km (209 mil).

"Peluncur roket multipel 600mm yang dikerahkan dalam penembakan... adalah sarana senjata nuklir taktis," yang mampu "melumpuhkan" lapangan terbang musuh, kata kantor berita negara KCNA, melansir Reuters 21 Februari.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan, dua rudal itu ditembakkan sekitar pukul 22.00 GMT, mencapai ketinggian maksimum sekitar 100 km dan 50 km, dan jatuh di luar ZEE Jepang.

Menteri Pertahanan Jepang, Yasukazu Hamada. Dilansir dari NBC News, Hamada punya perhitungan kalau rudal jarak jauh itu memiliki jangkauan hampir 8.700 mil. Artinya seluruh daratan Amerika Serikat sudah berada dalam jangkauan rudal balistik.

Berikut adalah foto-foto besarnya rudal balistik Korut. Foto-foto ini dirilis terbuka oleh KCNA