Dirikan Pospam di Pasar Mardika Ambon yang 'Terkenal' Marak Copet dan Pungli, Kapolda Irjen Lotharia: Semoga jadi Aman
Petugas Pos pengamanan terpadu Polda Maluku, di Pasar Mardika Ambon, Minggu (19/2/2023). (ANTARA)

Bagikan:

MALUKU - Polda Maluku akhirnya mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) Terpadu, menindaklanjuti perintah Kapolda guna meningkatkan keamanan di Pasar Mardika, Kota Ambon.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif berharap potret buram pasar yang selama ini dikenal rawan aksi kriminalitas, dapat berubah menjadi pasar yang aman, nyaman untuk masyarakat.

"Pospam sudah didirikan di pasar Mardika. Kami berharap potret pasar Mardika yang dikenal rawan aksi kriminalitas seperti pencurian (jambret, copet), dan pemalakan, serta pemungutan liar dapat berubah menjadi pasar yang aman, nyaman dan indah untuk masyarakat," kata Kapolda Maluku, di Ambon, Minggu.

Selain untuk menjaga keamanan, kehadiran Pospam juga diharapkan dapat memudahkan komunikasi dan koordinasi antar petugas pengamanan dengan para pedagang maupun masyarakat.

"Saya juga telah perintahkan agar petugas keamanan terus melakukan patroli, baik patroli terbuka ataupun tertutup serta melakukan deteksi dan cegah dini kejahatan di sana," ujarnya.

Kapolda mengatakan, Pasar Mardika selalu diharapkan menjadi pusat perdagangan atau perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku, khususnya di Ambon.

"Pasar Mardika juga harus menjadi simbol kerukunan dan kebersamaan semua komponen masyarakat di Maluku yang ingin membangun dan memajukan Maluku," terang Kapolda.

Ia mengajak semua komponen masyarakat agar dapat bersama-sama merubah potret buram pasar Mardika menjadi pasar yang bersih dan nyaman bagi siapa pun.

"Mari kita jadikan pasar Mardika menjadi pusat kuliner karena lokasi pasar Mardika ini sangat strategis dan indah, di depannya ada pantai yang bisa dinikmati warga," pintanya.

Kapolda mengajak semua pihak, termasuk para pedagang dan masyarakat agar dapat bekerjasama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di pasar Mardika.

"Tindak tegas semua potensi kejahatan di sana, jangan ada lagi permanisme dan memeras pedagang-pedagang di sana," harapnya.

Ia memerintahkan aparat pengamanan terpadu di pasar Mardika agar dapat menindak tegas para pelaku kejahatan di pasar Mardika.

"Tegur dan beri peringatan, bila tetap tidak bisa, jangan ragu tangkap saja demi kepentingan umum dan rakyat kecil di sana," tegas Kapolda.