Profil Lengkap Dosen UII Yogyakarta yang Hilang di Norwegia
Dosen UII Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang di Norwegia. (dok Polri-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) dilaporkan hilang di Norwegia.

Ahmad hilang kontak setelah mengikuti kegiatan akademik di University of South-Eastern Norway (USN). Ia bersama tiga orang lainnya berada di Norwegia pada 5-12 Februari 2023.

Kontak terakhir Ahmad ketika mengabari istrinya saat hendak berangkat ke Istanbul Turki pada 12 Februari.

Mabes Polri hingga Konsulat Jenderal Repbulik Indonesia (KJRI) Istanbul hingga saat ini masih mencari keberadaan Dosen UII tersebut.

Berdasarkan situs resmi UII Yogyakarta tempat Ahmad bernaung, informatics.uii.ac.id, ia merupakan Asisten Profesor di UII. Selain itu ia juga merupakan Sekretaris Jurusan di jurusan Informatika.

Pendidikan

Jika melihat jejak akademisnya, Ahmad Munasir mendapat gelar Sarjana Tehniknya di Universitas Gajah Mada pada tahun 2008.

Kemudian Ahmad melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar Magister Teknologi Informasi (MIT) di Monash University pada tahun 2011.

Selanjutnya Ahmad kembali melanjutkan studi pendidikannya untuk mendapatkan gelar Ph.D. dalam teknologi, kebijakan dan inovasi pada tahun 2019 di Univeristas Stony Brok, Universitas Negeri New York Amerika Serikat.

Ia terpilih mendapatkan beasiswa Full Bright dengan mengambil beberapa mata kuliah di Univestias New York dan Teachers Collega, Univestias Colombia di bawah Inter-University Doctoral Consortium.

Ahmad merupakan sosok yang menyukai penelitiaan terutama terkait dengan teknologi informasi, khususnya teknologi seluler dan masyarakat.

Ia juga kerap menggabungkan metode penelitian tradisional dan pendekatan ilmu komputasi dan ilmu data untuk membantu menjembatani ilmu komputer/teknologi informasi dengan ilmu sosial.

Di Luar Bidang Akademis

Ahmad Munasir adalah orang yang gemar menonton film bioskop, menonton acara di Netflix dan Disney. Ia juga orang yang menyukai olahraga berenang dan mendukung tim AC Milan jika bertanding.

Kemudian untuk mengisi waktu kosongnya, Ahmad kerap menghabiskan waktunya dengan membaca wikipedia, komik manga. Tak hanya, ia juga suka bermain Beat Saber di Oculus atau Sid Meier's Civilization VI di Steam.

Ciri-ciri:

Nama: Ahmad Munasir Rafie Pratama

Tempat/tanggal lahir: Banjarmasin, 3 Maret 1986

Tinggi badan: 175 cm

Berat badan: 68 kg

Warna kulit: Sawo Matang

Rambut: Ikal

Ciri khusus: Tahi lalat di pipi kanan dan di bawah mata kiri.