Viral Kelempok Orang Sembah Kuburan di Cisoka Tangerang
Caption: Kuburan yang dibongkar pihak kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang (Dok. Istimewa/Kecamatan Cisoka)

Bagikan:

TANGERANG - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sekelompok orang yang diduga melakukan kegiatan aliran sesat. Pasalnya mereka terlihat menyembah kuburan kosong dan jilatan anjing.

Dalam video berdurasi 18 detik yang dilihat VOI, terlihat beberapa orang pengikut aliran tersebut mengelilingi bangunan yang menyerupai kuburan. Mereka pun terdengar melantunkan kata-kata yang diduga sebagai kalimat pemujaan

Dihubungi terpisah, Camat Cisoka, Encep Sahayati membenarkan adanya kegiatan ritual tersebut. Ia menuturkan warga yang melakukan kegiatan ritual itu adalah keluarga Abah Ali.

Kekinian, pihaknya juga langsung melakukan tindakan tegas dengan membongkar makam tersebut. Saat dilakukan pembongkaran, ternyata makam itu palsu.

“Langsung kita lakukan klarifikasi. Lalu, sebagai tindak lanjut agar tidak meresahkan warga, pada Selasa, 14 Februari 2023 malam, kami lakukan pembongkaran yang juga melibatkan Abah Ali,” kata Encep saat dikonfirmasi, Kamis, 16 Februari.

Encep juga mengatakan keluarga Abah Ali saat ini masuk dalam pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang. Tujuaanya untuk mencegah terjadinya kegiatan-kegiatan serupa.

“Makamnya kosong, dan saat ini yang bersangkutan dalam pengawasan baik Muspika dan MUI,” tutupnya.