Mendagri Apresiasi Pemkot Tanjungpinang Mampu Kendalikan Inflasi
Mendagri Tito Karnavian/DOK via ANTARA HO Kemendagri

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengapresiasi Pemkot Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) mampu mengendalikan inflasi Januari 2023 sebesar 4,45 persen atau di bawah nasional sebesar 5,28 persen.

Mendagri menilai ibu kota Provinsi Kepri tersebut mampu menyusun dan melaksanakan langkah strategis pengendalian inflasi sesuai dengan karakteristik daerah dan kearifan lokal di Tanjungpinang.

"Angka inflasi Tanjungpinang di bawah nasional, sehingga patut diapresiasi," kata Tito Karnavian saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2023 di Jakarta yang disiarkan di YouTube Kemendagri dilansir ANTARA, Senin, 13 Februari.

Dalam rakornas tersebut, Mendagri Tito memberikan kesempatan kepada Wali Kota Tanjungpinang Rahma menjadi narasumber dan berbagi strategi pengendalian inflasi kepada daerah kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Sementara, Wali Kota Rahma menyampaikan sejumlah program, kebijakan, dan strategi pengendalian inflasi di Tanjungpinang.

Selain pelaksanaan rapat-rapat rutin Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), katanya, kebijakan strategis dalam kerangka pengendalian inflasi di daerah itu adalah penguatan pasar tani, pembangunan kemandirian ekonomi dan pangan masyarakat setempat.

Menurutnya Tanjungpinang bukan daerah penghasil, tapi pihaknya mampu melaksanakan kerja sama secara intens dengan beberapa daerah penghasil. Kemudian, membuat program serta kebijakan yang mampu menciptakan kemandirian masyarakat secara ekonomi dan mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

"Hal ini mampu mengurangi ketergantungan pemenuhan kebutuhan pokok, semata-mata pada mekanisme pasar,” ujar Rahma yang mengikuti rakornas dari Tanjungpinang.

Selanjutnya ada beberapa program penguatan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan Rahma, antara lain pemberian bantuan bibit pertanian, peternakan, dan bantuan peralatan pendukung industri kecil dan menengah.

"Pelaksanaan program dan kebijakan ini dilaksanakan secara masif dan berkelanjutan, alhasil dapat menciptakan kekuatan dan membangun kemandirian ekonomi masyarakat Tanjungpinang," ucap Rahma.

Selain Tanjungpinang, Mendagri Tito juga memberi apresiasi yang sama pada Pemkab Mamuju dan Provinsi Kalimantan Timur terkait pengendalian inflasi di daerah.