Blusukan Risma Harus Diapresiasi, Karena Baik untuk Warga DKI Jakarta
Tri Rismaharini (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengapresiasi kerja blusukan yang dilakukan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharani. Menurut dia, langkah ini justru bagus untuk publik DKI Jakarta. 

"Tentu semua menteri yang bekerja perlu diapresiasi. Bu Risma jika sudah blusukan bagus. Bagus kok buat warga DKI," jelas Mardani saat dihubungi VOI, Selasa, 5 Januari. 

Hanya saja, Mardani mengingatkan kepada Risma bahwa dirinya dilantik sebagai Mensos Indonesia bukan DKI Jakarta. Untuk itu, biar adil, Risma perlu blusukan ke seluruh wilayah Indonesia. 

"Saya yakin akan ke daerah lain juga," tegas anggota Komisi II DPR RI ini. 

Mardani juga meminta publik untuk tidak gaduh menanggapi kinerja yang dilakukan Risma selama ini, termasuk menteri lain yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka, perlu diberikan kesempatan untuk bekerja secara maksimal pasca dilantik. 

"Kasih kesempatan semua menteri, baru 100 hari kerja baru kita nilai bersama," terang dia. 

Sebagai menteri baru, ada tiga hal strategis yang perlu dilakukan eks Wali Kota Surabaya ini. Pertama, koordinasi dalam merampungkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mulai dari kriteria hingga pola updating-nya. Seringkali, akibat miss data, banyak warga yang seharusnya menerima bantuan justru tidak terdaftar. 

"Kedua, buat mekanisme penyaluran yang manusiawi dan efektif. Jangan lagi ada antrian, jangan lagi ada korupsi dan jangan lagi dijadikan alat politisasi. Pastikan semua terkoneksi dengan perbankan," terang Mardani. 

Terakhir, membuat mekanisme evaluasi yangg tajam dan berkesinambungan serta transparan.