Warga yang Terjebak Banjir di Aceh Besar Berhasil Dievakuasi BPBD dan SAR
Evakuasi Warga Aceh (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh melakukan evakuasi sejumlah warga yang terjebak banjir di Gampong Cot Leot dan Teupin Batee, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu, 11 Februari dini hari.

Banjir di wilayah itu mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Akibatnya, puluhan rumah warga terendam dengan ketinggian air bervariasi, mulai 30 centimeter hingga 1,5 meter.

Sejumlah warga dari dua gampong tersebut juga dilaporkan terjebak karena debit air yang tinggi serta arus cukup deras. BPBD Aceh Besar langsung menurunkan satu unit boat penyelamat untuk mengevakuasi warga di Gampong Teupin Batee.

Evakuasi warga turut dibantu Camat Blang Bintang, Koramil, serta masyarakat siaga gampong setempat. Proses evakuasi cukup menyulitkan tim, karena arus air yang cukup deras. Tiga warga Gampong Teupin Batee yang terjebak berhasil dievakuasi sekitar pukul 00.00 WIB.

“Alhamdulillah dengan kerjasama perangkat desa dan BPBD berhasil mengevakuasi seorang nenek-nenek dan seorang anak beserta ibunya di wilayah arus banjir yang deras,” kata Camat Blang Bintang Zulfadli di Aceh Besar dikutip dari ANTARA, Sabtu, 11 Februari.

Selanjutnya, Tim SAR Nasional Banda Aceh juga bergerak ke lokasi kejadian, dengan membawa satu unit rubber baot untuk mengevakuasi sejumlah keluarga yang terjebak di wilayah Gampong Cot Leot.

Secara terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan banjir dan tanah longsor pada Jumat, 10 Februari malam terjadi di sejumlah kecamatan, Kabupaten Aceh Besar, yaitu Gampong Lhokngan, Kecamatan Lhoknga yang merendam ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh.

Kemudian, Gampong Cot Leot dan Teupin Batee di Kecamatan Blang Bintang, Gampong Meunasah Kulam dan Meunasah Mon di Kecamatan Masjid Raya serta tanah longsor di Gampong Lamtreuba, Kecamatan Seulimum.

“Banjir akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi pada Jumat sehingga air menggenangi permukiman warga dan terjadinya longsor yang menutupi badan jalan,” kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas.

Untuk korban terdampak, BPBD mencatat sebanyak 49 jiwa dalam 16 kepala keluarga di Gampong Cot Leot dan 62 jiwa dalam 17 kepala keluarga di Gampong Teupin Batee, Kecamatan Blang Bintang.

Sementara korban terdampak di Kecamatan Masjid Raya terdapat sebanyak 12 jiwa dalam empat kelapa keluarga di Gampong Meunasah Kulam.

“Tidak ada korban jiwa. Mereka mengungsi ke rumah kerabat terdekat. Kondisi terakhir, air sudah surut, material longsor sudah dilakukan pembersihan oleh petugas dan masyarakat,” katanya.