Tangani Banjir Jaksel, Pemkot Bikin Embung di Petukangan Selatan
Pekerja tengah menggali tanah menggunakan alat berat dalam rangka pembangunan embung di lahan milik SD Negeri 01 dan 02 Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (10/2/2023). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan membangun embung di lahan milik SD Negeri 01 dan 02 Petukangan Selatan tepatnya berada di tepi Jalan Sangrila RT 06/01, Pesanggrahan. Embung dibangun guna menangani banjir yang kerap terjadi akibat luapan Kali Uangan dan buangan dari jalan Swadarma.

"Di lokasi sekolahan ini kerap banjir akibat luapan Kali Uangan dan jatuhan air dari jalan tol M Saidi, sementara turap akan segera dikerjakan Sudin SDA pada tahun ini juga," kata Kepala Satuan Pelaksana Sudin Sumber Daya Air Kecamatan Pesanggarahan Siti dikutip ANTARA, Jumat, 10 Februari.

Siti menuturkan embung yang tengah dalam pengerjaan tersebut sudah mulai dikerjakan sejak 10 November 2022 lalu hingga kini.

"Saat ini pengerjaan embung dengan panjang 61 meter, dengan lebar 36 meter dan dalam 2,5 meter itu baru mencapai 50 persen," terangnya.

Pembuatan embung juga merupakan usulan yang telah disepakati oleh Wali Kota, Kepala Suku Dinas SDA, Dewan Kota serta pihak sekolah.

Siti berharap kehadiran embung ini dapat mengatasi banjir di lokasi tersebut.

"Semoga dengan adanya embung dan pembangunan turap ini akan mengurangi genangan dan banjir di lokasi SDN 01 dan SDN 02," tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyiapkan sejumlah pompa air yakni stasioner, portabel (mobile), dan terowongan (underpass) sebagai antisipasi banjir pada 2023.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menuturkan telah menyiapkan sebanyak 41 rumah pompa stasioner dengan jumlah pompa sebanyak 87 unit dalam keadaan baik dan siap beroperasi.

Kemudian, ada juga pompa portabel sebanyak 75 unit dengan empat tipe yakni sembilan unit truk, 27 unit trailer, 14 unit portabel dan 25 unit portabel apung.

Selain itu, pompa terowongan (underpass) sejumlah 30 unit tersebar di tujuh lokasi Jakarta Selatan yang semuanya sudah siap beroperasi.

Selain pompa air, 85 unit pintu air sudah disiapkan yang terdiri dari 50 unit pintu air di rumah pompa stasioner dan 35 unit pintu air di luar lokasi pompa stasioner Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Selatan.