PAN Sudah Tahu Airlangga dan Cak Imin Bakal Jalan Bareng Pagi Ini, Ajak PKB Gabung KIB
Muhaimin Iskandar/DOK Instagram pribadi @cakiminow

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) merespons santai pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Istora Senayan, pagi ini. Rencananya, kedua pimpinan parpol itu akan membahas soal Pemilu 2024 sambil jalan pagi. 

 

PAN mengaku sudah diberitahu terkait pertemuan Ketum Golkar dan PKB. Bukan khawatir, partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu justru mengajak PKB bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

 

"Iya (sudah) diinfokan. Tingkat toleransi dan kepercayaan di KIB itu tinggi. KIB itu koalisi lahir batin, jadi ketika ada tamu dari luar ya kita terima dengan baik. Siapa tau nanti tamunya bergabung sama kita," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Jumat, 10 Februari. 

 

Viva menekankan, selama ini tidak pernah ada masalah di dalam internal KIB meski partai anggota saling temu dengan parpol lain. Terlebih Partai Golkar sebelumnya juga menerima kunjungan Partai NasDem dan PKS. 

 

"Itu karena bangunannya dari platform dulu baru program, bukan dari pendekatan figur, tapi dari pendekatan platform dan program," jelasnya.

 

"Jadi, bedanya dengan koalisi yang sudah ada itu KIB dibangun dari platform. Kita sudah membuat platform koalisi, sudah buat perencanaan program, namanya PATEN, Program Akselerasi Mitigasi Ekonomi Nasional. Jadi ada program-programnya. Ini saya rasa lebih solid dan kompak," lanjut Viva. 

Karena itu, Viva meyakini, Partai Golkar tetap setia bersama KIB. Justru, kata dia, PAN turut senang Golkar membuka komunikasi dengan parpol lain dan membuka pintu jika ada partai yang ingin bergabung dengan KIB. 

"Kalau NasDem, PKS, bertemu dengan Golkar, PAN senang dan bergembira. Karena para pimpinan partai politik itu melakukan komunikasi dan bersilaturahmi dalam rangka untuk menyamakan persepsi, frekuensi menjelang Pilpres," katanya. 

 

"Lebih senang lagi kalau kemudian mereka bergabung dengan Golkar. Karena otomatis kalau bergabung dengan Golkar kan bergabung juga dengan KIB. Istilahnya buy 1 get 3," tambah Viva Yoga.