KKB Pimpinan Egianus Kogoya Diduga Dalang Pembakaran Pesawat Susi Air, Sempat Terjadi Penyanderaan
Pesawat Sam Air yang ditembaki KKB di Bandara Kenyam, Nduga, Papua/FOTO via Humas Polda Papua

Bagikan:

JAKARTA - Polda Papua menduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya sebagai dalang pembakaran pesawat Susi Air. Bahkan, di rangkaian kejadian ada dugaan kuat bila sempat terjadi penyandraan.

"Tidak menutup kemungkinan pesawat ditahan oleh KKB Nduga Pimpinan Egianus Kogoya," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Selasa, 7 Februari.

Dugaan itu karena Distrik Paro yang menjadi lokasi kejadian masuk wilayah markas mereka.

Bahkan, dari informasi yang diterima, dalam rangkaian peristiwa pembakaran pesawat dengan nomor penerbangan SI 9368 itu sempat terjadi penyandraan.

Untuk memastikannya, tim Ops Damai Cartenz, personel Polres Nduga, dan TNI akan mendalami dugaan tersebut.

"Sementara diduga demikian (penyandraan, red)," sebutnya.

Di sisi lain, tim yang dibentuk juga akan mendalami penyebab sebenarnya terbakarnya pesawat tersebut. Termasuk, kondisi pilot dan penumpang.

"Tim juga akan mendalami terkait murni atau tidaknya kecelakan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air tersebut," kata Benny.

Adapun, pesawat itu berisikan lima penumpang yakni, Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan​​​​​​​ Wetina W.

Pesawat jenis Pilatus Porter itu terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.