Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Kabupaten Pesisir Barat Lampung, Getaran Terasa Cukup Kuat
Gambar titik gempa bumi di wilayah perairan laut Pesisir Barat Lampung (ANTARA/HO)

Bagikan:

LAMPUNG - Gempa Bumi dengan magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, pada Kamis sekitar pukul 19.19 WIB.

"Gempa bumi magnitudo 4,7 dengan Pusat gempa berada di laut 57 kilometer tenggara Pesisir Barat," seperti dilaporkan situs resmi BMKG, Antara. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Mirza Sahri mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG gempa bumi terjadi pukul 19.19 WIB.

"Sampai saat ini, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata Mirza di Krui.

Selanjutnya Ia mengatakan, meski gempa berada di laut 57 km tenggara namun gempa terasa cukup kuat, namun hingga saat ini belum ada laporan kerusakan di wilayah Pesisir Barat.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tetap waspada dan jangan panik.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah di Kabupaten Pesisir Barat agar tetap tenang," kata dia.

Salah seorang warga di Krui, Pesisir Barat, Sukri mengatakan, dirinya merasakan getaran gempayang cukup kuat.

"Iya kami lagi tiduran sembari menunggu waktu sholat isya saya merasakan getaran gempa akhirnya saya keluar rumah membawa anak istri saya," ujar Sukri.

Dampak gempa bumi yang digambar kan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pesisir Barat, dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,7 SR berpusat pada koordinat 5.71 LS dan 103.94 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km Tenggara Pesisir Barat pada kedalaman 34 km.