400 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pentahbisan Uskup di Katedral Jayapura
Kapolresta Kota Jayapura Kombes Victor Mackbon. (ANTARA/HO/Polresta Jayapura Kota)

Bagikan:

JAYAPURA - Sebanyak 400 personel gabungan TNI-Polri dan unsur lainnya disiagakan untuk mengamankan pentahbisan Uskup Jayapura.

"Ratusan personel itu akan bersiaga selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat (3/2) ," kata Kapolresta Kota Jayapura Kombes Victor Mackbon dilansir ANTARA, Rabu, 1 Februari.

Misa pentahbisan Uskup Jayapura MGR Yanuarius Theofilus Matopai You akan dilaksanakan di Gereja Katedral Kristus Raja Dok V, Kota Jayapura, Papua, pada Kamis (2/2).

Untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan tersebut juga dilakukan sterilisasi di lokasi.

Selain itu juga akan melakukan pengalihan arus lalulintas di seputaran lokasi kegiatan, di mana dari jalur Dok V atas yang hendak ke arah Dok VII dan seterusnya diarahkan melalui samping SPBU Dok V atas dan turun di depan Gereja Rehobot di atas lapangan Mandala.

Untuk jalur Dok II hingga ke arah lainnya tetap normal seperti biasanya, namun saat Uskup Jayapura diarak ke lapangan Mandala maka jalur yang melintas di kawasan itu juga ditutup.

"Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas di Kota Jayapura agar tetap kondusif sehingga pelaksanaan pentahbisan berjalan aman, " harap Kombes Mackbon.

Ketua Panitia Pentahbisan Uskup Jayapura Elpius Hugi secara terpisah menyatakan sebanyak 48 Uskup hadir dalam pentahbisan.

Sebanyak 48 orang uskup yang hadir itu terdiri dari 33 uskup se-Indonesia, 10 uskup dari Papua Nugini (PNG) dan lima orang uskup dari Timor Leste.

Misa pentahbisan episkopal akan dipimpin Mgr. Piero Pioppo selaku Nuncio Nunciu Apostolic-Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, jelas Elpius Hugi.