DPRD DKI Jelaskan Alasan Anggarkan Pengadaan Lift Baru Miliaran Rupiah di Kantornya
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menjelaskan perihal pengadaan lift baru di gedung DPRD DKI Jakarta dengan nilai sekitar Rp3,48 miliar rupiah. Pengadaan ini dialokasikan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI tahun anggaran 2023.

Mujiyono menerangkan, pengadaan lift baru dalam nomenklatur pagu anggaran bukan berarti menambah jumlah lift baru pada lokasi lain, melainkan penggantian lift lama dengan perangkat yang baru.

"Yang pengadaan baru itu penggantian. Membaca nomenklatur itu harus secara utuh. Ada nomenklatur pengadaan lift itu bukan berarti menambah titik baru. Bisa jadi itu penggantian yang artinya ada konstruksi baru," kata Mujiyono, Selasa, 31 Januari.

Selain pengadaan baru, terdapat juga alokasi anggaran pemeliharaan atau maintenance lift yang sudah ada dengan pagu Rp1,21 miliar. Mujiyono menyebut anggaran pemelihaaraan dialokasikan setiap tahunnya.

"Lift kan harus di-maintenance secara berkala. Kalau tidak, nanti macet-macet," ujarnya.

Mengapa harus ada pengadaan lift baru di titik yang sama ketika setiap tahun dialokasikan juga anggaran pemeliharaannya? Mujiyono menjelaskan, saat ini ada titik lift yang tidak bisa lagi diperbaiki dan harus diganti oleh lift yang baru.

"Kan ada yang tidak kuat untuk manintenance. Liftnya sudah tidak bisa di-maintenance lagi, harus ganti. Ibarat mobil, kalau sudah bobrok banget, masak iya mau di-maintenace terus," urai Mujiyono.

Alokasi anggaran pengadaan lift baru dan pemeliharaan lift lama termuat dalam situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP).

"Nama KLPD Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Satuan kerja Sekretariat DPRD. Lokasi pekerjaan Jalan Kebon Sirih Nomor 18, Jakarta Pusat, DKI Jakarta," tulis keterangan dalam situs LKPP.

DKI menjadwalkan pemilihan tender lelang penyedia jasa pengadaan lift baru dilakukan mulai Februari hingga Maret 2023 dan dilanjutkan pada pelaksanaan kontrak pada Mei hingga Juli 2023.

Sementara, penunjukan langsung penyedia jasa pemeliharaan lift lama dilaksanakan pada Januari 2023 dan dilanjutkan pada pelaksanaan kontrak pada Januari hingga Desember 2023.