Resmi Deklarasi, PKS Serahkan Pemilihan Cawapres pada Anies Baswedan
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024/M. Jehan-VOI

Bagikan:

TANGERANG - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024.

Soal wakil presiden, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Moh Sohibul Iman, mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya terkait calon wakil presiden terhadap Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Kami serahkan apapun itu ke Anies Baswedan, yang penting sesuai dengan arah koalisi ini,” kata Sohibul kepada wartawan di Soewarna, Kota Tangerang, Senin, 30 Januari.

Dalam kesempatannya, Sohibul menjelaskan ada tiga kriteria yang menjadi alasannya partainnya memilih Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024.

“Pertama adalah merupakan Sosok simbol perubahan, kenapa perubahan? Karena kita ingin melihat Indonesia lebih baik kedepan. Yang kedua, dia merupakan sosok nasionalis religius,” katanya.

“Dia seroang yang memang memiliki karakteristik di satu sisi sangat agamis tapi juga merupakan tokoh yang nasionalis,” sambungnya.

Kemudian, Anies selalu masuk tiga besar dalam ekstabilitas yang memungkinkan untuk menang. Meski, sebanarnya survey itu tidak bisa dijadikan indokator yang kuat dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Dia memiliki elektabilitas yang memungkinkan dia menang. kami tidak memiliki istilah memiliki elektabilitas survei tertinggi karena dinamika hari ini tentu berbeda dgn dinamika pada saat 14 febeuari 2024. (Tapi jika) disederhanakan masuk dalam tiga besar elektabilitas survei har ini,” tutupnya.