4 ABK Asal Sulawesi yang Bawa 6 WN India hingga Terdampar di Rote NTT Ditahan Polisi
WNA India yang ditemukan terdampar di Rote Ndao. ANTARA/Ho-Humas Polres Rote Ndao

Bagikan:

KUPANG - Polres Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjerat empat anak buah kapal (ABK) yang membawa enam WNA India ke Australia dengan pasal penyelundupan manusia.

“Saat ini untuk para ABK sudah dilakukan upaya hukum dengan penangkapan dan sudah dilanjutkan dengan penahanan,” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Rote Ndao Aiptu Anam Nurcahyo dilansir ANTARA, Senin, 30 Januari.

Hal ini disampaikan berkaitan dengan kasus terdamparnya enam WNA asal India yang terjadi pada awal Januari lalu, ketika hendak menyeberang ke Australia menggunakan kapal kayu. 

Empat ABK yang ditahan di Mapolres Rote Ndao itu antara lain Zakir Daeng Lewa, Gasali, Daeng Sijaya serta Max.

Sementara enam orang WNA asal India yang terdampar yakni Gurjot Singh, Satnam Singh, Karamjit Singh, Aman Singh, Satinder Pal Singh dan Harshadkumar Natvarlal.

ABK asal Sulawesi itu saat ini sedang ditahan di rumah tahanan markas Polres Rote Ndao sambil menunggu tim penyidik melakukan pemberkasan. Para tersangka dijerat UU Keimigrasian.

“Saat ini status empat ABK itu sudah sebagai tersangka, setelah melalui hasil penyidikan dan penyelidikan sudah memenuhi unsur-unsur yang mengarah ke tersangka,” ujar dia.