Bank Banten Dapet Suntikan Duit Rp300 Miliar dari Sinar Mas Group
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Pembangunan Daerah Provinsi Banten atau Bank Banten menerima suntikan dana segar dari dua korporasi yakni Sinarmas Group dan Bangkok Bank dengan nilai mencapai ratusan miliar rupiah.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan Bank Banten saat ini memang dihadapkan pada sejumlah tantangan. Mulai dari likuiditas, permodalan, tata kelola dan kredit macet yang berasal dari Bank Pundi. Nilai kredit macet sendiri mencapai Rp1,6 triliun dan sulit tertagih.

"Bank Pundi memberikan kredit asal jadi, tidak rasional. Ini menjadi risiko manajemen yang baru. Kami sudah ambil langkah, rasio likuiditas sudah baik dan perbaikan lainnya," kata Wahidin Halim dikutip dari Antara, Kamis 31 Desember.

Mantan Walikota Tangerang itu menuturkan dari sisi operasional, bank yang berdiri sejak 2016 tersebut juga sudah mulai normal. Kondisi itu di antaranya terjadi setelah ada intervensi dari Sinar Mas Group dan Bangkok Bank.

"Intervensi dana segar dari Sinarmas Rp300 miliar. Kemudian Bangkok Bank masih proses tapi sudah tanda tangan (kerja sama)," katanya.

BACA JUGA:


- https://voi.id/berita/24556/bumn-china-mau-beli-pembangkit-listrik-milik-sinar-mas-rp5-64-triliun

- https://voi.id/berita/24764/ihsg-2020-berakhir-di-bawah-6-000-ketua-ojk-wimboh-santoso-tahun-2021-akan-lebih-kuat

- https://voi.id/berita/21993/konglomerat-chairul-tanjung-bakal-jadi-pemilik-sah-bank-harda-pada-februari-2021

[/see

Untuk permodalan, kata dia, Bank Banten juga sedang melaksanakan right issue yang dibuka hingga 6 Januari 2021. Nilai saham yang ditawarkan adalah Rp50 per lembar namun di bursa nilai sahamnya naik hingga Rp120 per lembar.

"Kecenderungan pembelian saham meningkat. Sudah mulai banyak yang beli," kata dia.

Menurut Wahidin, untuk pembenahan tata kelola dirinya selaku pemegang saham pengendali terakhir akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Januari 2021. Pihaknya akan membahas program-program lanjutan ke depannya.

"Ketika bank sehat bisa restrukturisasi SDM, manajemen, jajaran direksi dan komisaris," kata Wahidin.