Kata Viva Yoga, Baiknya Kaesang jadi Kader PAN Biar Bisa Bersaing dengan Gibran di PDIP
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. 

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, menilai pemilik sekaligus direktur utama Persis Solo itu merupakan representasi milenial yang memiliki potensi berkarir di politik. 

"Sangat baik jika Mas Kaesang masuk dunia politik. Ini representasi dari kaum milenial dan generasi Z, dan politik diisi oleh anak muda yang memiliki visi, ide dan gagasan yang kontekstual dengan jamannya," ujar Viva saat dikonfirmasi, Selasa, 24 Januari. 

Viva pun mengajak Kaesang agar bergabung menjadi kader PAN supaya bisa bersaing dengan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Wali Kota Solo dari PDIP. 

"Akan sangat baik lagi jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja. Mengapa begitu? Agar jangan 'satu rumah' dengan Mas Gibran, supaya nantinya bisa bersaing secara politik," jelas Viva.

Viva mengaku, dirinya tak heran jika Kaesang punya ketertarikan untuk terjun ke politik. Bak pribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, selain Kaesang punya darah politisi dari sang ayah, saudara kandung dan saudara iparnya juga merupakan seorang kepala daerah. 

"Artinya, keluarga politisi akan melahirkan anak politisi. Keluarga artis akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah saja," kata Viva. 

"Darah yang mengalir, budaya dan kebiasaan keluarga yang terbentuk, itu menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan eksistensi seseorang," tambahnya.