Libur Imlek 2023, Pertamina Jamin Stok BBM di Sumatera Barat Aman
Karnaval Cap Go Meh saat perayaan Imlek di Pontianak, Kalbar. (ANTARA-Dedi)

Bagikan:

SUMBAR - PT Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Sumatera Barat (Sumbar) aman saat momen libur Imlek 2023.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut),

Susanto August Satria mengatakan, pihaknya juga menjamin ketersediaan LPG dan Avtur di Sumbar aman dan lancar.

"Kami terus melakukan koordinasi baik secara internal dan eksternal agar stok dan penyaluran BBM, LPG dan avtur dapat berjalan lancar dan aman," kata Susanto dalam keterangan tertulis, Minggu 22 Januari.

Menurut dia, saat ini rata-rata harian penyaluran BBM jenis Gasoline jenis Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo di Sumbar adalah sebesar 2.147 kilo liter per hari.

Warga Limo di Depok berhias menyambut Imlek 2022. (ANTARA-Asprilla DA)

Adapun BBM jenis Gasoil jenis Solar, Dexlite, Pertamina Dex adalah sebesar 1.472 kilo liter per hari. Kemudian pihaknya memastikan sarana fasilitas Fuel Terminal, Integrated Terminal, Depot LPG dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) beroperasi secara normal dan optimal.

“Hal ini dilakukan dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi energi di masyarakat,” tuturnya disitat Antara.

Ia juga mengungkapkan, selama masa Satgas Natal dan Tahun Baru 2023, konsumsi bahan bakar pesawat terbang jenis Avtur meningkat hingga 35 persen di atas realisasi konsumsi Avtur tahun sebelumnya di Sumbagut.

Menurut dia puncak kenaikan untuk kebutuhan avtur terjadi pada tanggal 22 Desember 2022 dengan konsumsi sebanyak 893 kilo liter.

Sementara kebutuhan avtur terendah terjadi pada tanggal 30 Desember 2022 dengan konsumsi 618 Kilo Liter di Sumbagut.

"Kami memproyeksikan jelang dan saat perayaan Tahun Baru Imlek ini juga akan terjadi kenaikan konsumsi avtur dan kami memastikan sarfas kami siap untuk mengantisipasi kenaikan demand (permintaan) tersebut," tandasnya.