Pimpin Sertijab 4 Kapolres, Kapolda Kaltara Ingatkan Amanah dan Tanggung Jawab
Kapolda Kalimantan Utara Irjen Daniel Adityajaya memimpin serah terima jabatan empat kapolres yakni Nunukan, Tarakan, Tana Tidung dan Bulungan dan tiga pejabat utama di Tarakan, Sabtu (21/1). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Bagikan:

TARAKAN - Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Adityajaya memimpin serah terima jabatan empat kapolres yakni Nunukan, Tarakan, Tana Tidung dan Bulungan di Tarakan.

"Sertijab dalam sebuah organisasi besar seperti Polri merupakan hal yang rutin dilaksanakan sebagai bagian dari proses penyegaran serta tour of duty maupun tour of area yang sangat penting bagi satuan organisasi maupun pembinaan karir pejabat yang bersangkutan," kata Daniel dilansir ANTARA, Sabtu, 21 Januari.

Mereka yang menjalani serah terima jabatan yakni Kapolres Tarakan, AKBP Taufik Nurmandia, digantikan oleh AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar. Ronaldo sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Bulungan. Sedangkan Kapolresta Tarakan ditempati Kombes Agus Nugraha.

Sedangkan Taufik menjadi Kapolres Nunukan menggantikan AKBP Ricky Hadiyanto. Kemudian Kapolres Tana Tidung ditempati AKBP Didik Purwanto.

Selain sertijab empat Kapolres juga melaksanakan sertijab jajaran PJU Polda Kaltara yakni Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara Kombes Yohanes Jalung Siram, Direktur Reskrimum Polda Kaltara Kombes Taufik Herdiansyah Zeinardi dan Wakil Direktur Pengamanan Obyek Vital Nasional Polda Kaltara AKBP Ricky Hardiyanto.

Daniel mengatakan pergantian jabatan harus dimaknai sebagai upaya peningkatan tata kelola manajerial dan pengembangan SDM Polri yang positif guna keberlanjutan organisasi.

"Sehingga peran pimpinan dalam organisasi akan sangat berpengaruh dengan adanya pergantian jabatan dalam lingkungan Polri,” kata Kapolda.

Jabatan ditegaskan merupakan amanah di mana mengandung konsekuensi yang tidak ringan.

“Untuk itu saya berharap jabatan yang diberikan tersebut dapat dijalankan dengan dedikasi, loyalitas, keikhlasan serta pengabdian tinggi dalam menjalankan tugas pokok Polri,” kata Kapolda.

Diingatkan juga, dinamika lingkungan strategis di tingkat global dan nasional saat ini melahirkan tantangan tugas Polri menjadi semakin kompleks dan dinamis.

Begitu juga di Kaltara yang memiliki karakteristik kerawanan daerah tersendiri karena secara geografis memiliki wilayah yang sangat luas berbatasan langsung dengan negara lain yakni Malaysia dan Philipina.

Selain itu, wilayah hukum Kaltara juga terdapat proyek strategis nasional (PSN) yang pada saat ini sedang berjalan yaitu Pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) atau disebut Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tana Kuning, Mangkupadi, Kabupaten Bulungan.

Kapolda berpesan kepada jabatan JPU dan jajaran kapolres yang dilantik segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pada lingkungan kerjanya.

“Berikan yang terbaik untuk organisasi, jalin hubungan soliditas baik dengan seluruh personel, instansi terkait, jalin hubungan yang positif dan harmonis demi kemajuan organisasi Polri.

"Saya yakin dengan bekal pengalaman, rekam jejak integritas serta kemampuan yang dimiliki, dapat mengemban amanah dan tanggung jawab mulia ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.