Pemkot Padang Bantu Pengembangan UKM Produsen Rendang
Wali Kota Padang Mahyeldi dan istri Harneli meninjau dapur produksi rendang zara di Padang (Ikhwan Wahyudi/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Padang membantu pembuatan dapur produksi UKM Rendang Zara sebagai upaya untuk menghadirkan rendang yang berkualitas dan memiliki standar produksi yang baik.

"Rendang memiliki prospek yang menjanjikan, peluangnya besar oleh sebab itu pemerintah kota terus mendorong UKM produsen rendang berkualitas," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, dilansir Antara, Rabu, 30 Desember.

Menurutnya dengan bantuan pembuatan dapur yang diberikan melalui APBD kota juga dapat menjadi sentra pembelajaran dan pusat kunjungan bagi pihak yang ingin melihat langsung produksi rendang.

Senada dengan itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Yunisman menyampaikan bantuan pembuatan dapur bertujuan menghasilkan rendang yang higienis.

Dapur yang dibangun terdiri atas ruang bahan baku, persiapan, produksi hingga pengemasan sesuai standar Good Manufacturing Practice (GMP).

Dalam pembangunan dapur juga melibatkan BPOM Padang memastikan dalam proses produksi sesuai syarat kesehatan makanan.

"Ini merupakan dapur rendang percontohan pertama di Padang yang memenuhi syarat dan terstandardisasi," ujarnya

Sementara Pemilik Rendang Zara, Rafdinal mengucapkan terima kasih atas bantuan pembuatan dapur oleh pemerintah Kota Padang.

Ia menceritakan awal mula memulai usaha rendang karena hobi memasak dan akhirnya hobi tersebut disalurkan dalam bentuk lebih produktif dengan membuat usaha rendang Zara.

Selain itu usaha ini juga akan menggerakkan perekonomian warga sekitar.

Tidak hanya rendang sapi, pihaknya juga menyediakan rendang ikan.

Ia mengatakan dengan merintis usaha rendang tidak hanya mengangkat kuliner khas Minang namun juga kental dengan nilai budaya.

Rendang Zara juga melayani penyediaan makan bajamba yaitu makan bersama dengan duduk bersila menggunakan wadah yang digelar dalam berbagai upacara adat.

Para pembaca yang budiman, redaksi membuat tagar #IndonesiaKeren yang akan memudahkan Anda mendapat konten-konten positif. Karena berita-berita baik perlu terus disuarakan.