Kalimat Pertama Kakek 96 Tahun Setelah Divaksin COVID-19: Saya Merasa 30 Tahun Lebih Muda
Ilustrasi (Hakan Nural/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang lansia bernama Jos Hermans menjadi penerima pertama vaksin COVID-19 di Belgia. Jos yang berusia 96 tahun terpilih menjadi orang pertama, karena Ia merupakan penghuni tertua di panti jompo kota Puurs, Anterp. Usai disuntik, Jos mengatakan ia merasa lebih muda 30 tahun.

Melansir Euro News, Selasa, 29 Desember, selain karena Jos merupakan penghuni tertua. Otoritas setempat memilih Jos karena ia selalu mematuhi protokol keselamatan COVID-19. Jos tampak selalu berjaga jarak dan mengenakan masker.

"Dia tetap bebas korona selama periode itu, dia juga memastikan kesehatannya terjamin," jelas otoritas setempat Fred Rogier. "Dan dia mendukung penuh prinsip vaksinasi."

Jos kemudian mengungkap kebahagiaannya setelah divaksin. Mendapatkan vaksin COVID-19, kata pria 96 membuatnya merasa 30 tahun lebih muda.

"Setiap orang perlu divaksinasi, ketika semua orang telah diberi suntikan, kami lebih bebas lagi, dan anak cucu kami dapat datang dan berkunjung,” ungkap Jos.

Namun Jos akan menerima suntikan vaksin kedua dari Pfizer-BioNTech jelang tiga minggu kemudian. Bersamaan dengan divaksinnya Jos, adapula wanita lansia yang berusia 102 tahun asal Brussel.

Wanita yang tak mau disebutkan namanya ini kemudian termasuk dalam 400 orang yang mendapatkan vaksin periode pertama pada hari itu. Sejauh ini Belgia telah mengonfirmasi 639.734 kasus penularan COVID-19. Di antara itu, terdapat 19.234 kasus meninggal dunia.