Bagikan:

JAKARTA - Volume keberangkatan penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) menjelang libur panjang akhir pekan pada perayaan Imlek di Stasiun Gambir dan Pasar Senen kembali alami peningkatan. Sebanyak 63 ribu tiket telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 hingga 23 Januari 2023.

Dari jumlah tersebut, 26 ribu merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 37 ribu tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen.

"Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa saat dikonfirmasi, Jumat, 20 Januari.

Sementara setiap hari mulai Jumat 20 hingga 23 Januari, terdapat 57 hingga 60 KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

"Volume penumpang berangkat pada momen libur imlek dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi terjadi pada hari Jumat, 20 Januari, ini dengan layanan 58 KA yang beroperasi. Terdata sekitar 28 ribu penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Jumat yakni sekitar 11.500 penumpang Stasiun Gambir dan 16.500 penumpang dari Stasiun Pasar Senen," katanya.

Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan mengingat proses pemesanan tiket masih dapat dilakukan.

"Kota tujuan favorit yang dipilih penumpang yakni Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang. Sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung," ujarnya.