Kehadiran Jokowi Saat Sesi Panel Rakornas Forkopimda Mengejutkan Peserta, Tak Sungkan Santap Nasi Kotak Bersama
Presiden Joko Widodo saat makan siang bersama para gubernur di sela acara Rakornas Forkopimda se-Indonesia di Sentul International Convention Centre, Bogor,

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengikuti sesi panel hingga makan siang bersama dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Se-Indonesia di Sentul, Bogor, Jawa Barat, hari ini. 

Usai membuka Rakornas Forkopimda se-Indonesia yang digelar di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Presiden tidak langsung pergi meninggalkan lokasi acara.

"Presiden tetap berada di lokasi dan mengikuti sesi panel Rakornas itu dengan pembahasan mengenai penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan berusaha," demikian pernyataan pers yang diterima wartawan, Antara, Selasa, 17 Januari. 

Wali Kota Bogor Bima Arya kepada wartawan mengaku kehadiran Presiden Jokowi di sesi panel mengejutkan para peserta Rakornas, sekaligus menunjukkan keseriusan Presiden atas arahan-arahan yang telah disampaikan pada pembukaan Rakornas.

Dalam sesi panel itu, sejumlah menteri terkait menjadi pembicara dengan membawakan topik pembahasan yang relevan.

Para menteri yang hadir sebagai panelis yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia juga hadir secara daring melalui konferensi video.

Sesudah sesi panel, Presiden dengan para menteri dan gubernur kemudian makan siang bersama di Hall C, SICC.

Berdasarkan foto yang diterima wartawan, saat makan siang berlangsung, Presiden tampak berbaur dengan para gubernur sembari menghabiskan nasi kotak yang dihidangkan.

Selesai makan siang, Presiden berjalan ke area Hall B yang menjadi tempat makan para bupati dan wali kota. Di sana, Presiden menyapa dan bercengkerama singkat dengan unsur Forkopimda yang hadir.

Setelahnya, sekitar pukul 13.15 WIB, Presiden Jokowi meninggalkan SICC untuk melanjutkan kegiatan di Istana Kepresidenan Jakarta.