Sandiaga Sudah Deklarasi Setia ke Gerindra, PPP Ungkit Soal Motif Tingkatkan Elektabilitas Jelang Pilpres
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani. (Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - Isu Menparekraf Sandiaga Uno bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih terus bergulir, meski telah menyatakan loyalitasnya kepada Gerindra. 

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani, mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum berkomunikasi dengan Sandiaga Uno mengenai rencana bergabung dengan PPP.

"Nggak ada komunikasi sejauh ini Pak Sandi itu bilang 'ya' atau nyebut-nyebut, atau ngarah mau gabung PPP," ujar Arsul kepada wartawan, Senin, 16 Januari.

Meski begitu, Wakil Ketua MPR itu menduga keinginan Sandiaga bergabung ke PPP lantaran ingin lebih meningkatkan elektabilitasnya menjelang Pilpres 2024.

Menurut Arsul, wakil ketua dewan pembina Partai Gerindra itu menyadari bahwa hasil elektabilitas surveinya masih tinggi dibandingkan dengan sejumlah tokoh nasional lainnya. Terlebih untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024. 

"Karena beliau realitasnya juga dari hasil survei itu juga angkanya lumayan, maka barangkali juga, dugaan saya agar beliau lebih dikenal elektabilitasnya naik, juga perlu dukungan dari akar rumput PPP," kata Arsul. 

Arsul menuturkan, selama ini kedatangan Sandiaga di beberapa acara PPP di daerah hanya sebuah kebetulan sebagai menteri di kabinet Jokowi. Sama halnya dengan Menteri BUMN Erick Thohir. 

"Jadi misalnya baru berkunjung ke daerah mana, pasti bertemu dengan pengurus PPP dalam arti yang jadi anggota DPRD, atau jadi wakil kepala daerah, itu pasti ketemu dan terjadi komunikasi. Seperti Pak Sandi kemarin ke Bondowoso, dan kebetulan itu ke tempatnya PPP, hanya itu saja," tutur Arsul.

Terbaru, Sandiaga Uno mengaku akan menyampaikan semua aspirasi terkait dukungan terhadap diri untuk maju pada Pilpres 2024 pada pimpinan. Sejauh ini ada dukungan dari PPP yang membuatnya diterpa isu bergabung dengan Partai Ka'bah. 

“Saya akan menyampaikan pada pimpinan,” kata Sandiaga, Minggu, 15 Januari. 

Namun, dia tak menyebutkan secara gamblang ‘pimpinan’ yang dimaksud. Diketahui, Sandiaga sudah menemui Prabowo Subianto untuk menjelaskan ihwal isu bergabungnya ke PPP.  “Pokoknya kepada pimpinan di atas sana,” kata Sandiaga.