Megawati Ingatkan Mensos Risma Rawat Rakyat Saat Dapat Jabatan
Menteri Sosial, Tri Rismaharini. (Foto: Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

BEKASI - Menteri Sosial Tri Rismaharini bercerita dia pernah diingatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri untuk merawat rakyat saat menjadi Wali Kota Surabaya pada periode kedua. Pesan ini bahkan disampaikan sebanyak tiga kali.

Hal ini disampaikan Risma saat memberi sambutan pada kegiatan Pembukaan Penghijauan Nasional dalam rangka HUT PDI ke-50 PDIP di Desa Lembangsari, Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Awalnya, Risma sempat mengira dia akan mendapat ucapan selamat karena kembali menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Apalagi, dia meraup angka hingga 89 persen saat itu.

"Saya (awalnya, red) pikir dikasih selamat (lebih dulu, red). Tapi ditanya kalau menang mau apa," kata Risma saat menceritakan pesan dari Megawati di hadapan kader PDIP, Minggu, 15 Januari.

Mendapat pertanyaan itu, Risma mengaku sempat bingung dan tak bisa menjawab. "Ibu Mega cuma bilang, sudah rawat rakyatmu, rawat rakyatmu, rawat rakyatmu, itu disampaikan sebanyak tiga kali," tegasnya.

Ada berbagai upaya yang dilakukan Risma untuk merawat rakyat. Selain menjalankan tugasnya sebagai Menteri Sosial, dia juga bergerak bersama PDIP lewat aksi menanam pohon.

Dalam aksi ini, Risma bilang, dia dan kader bukan hanya menjalankan perintah Megawati. Perintah agama pun sudah dijalankan dengan menanam pohon.

"Selama pohon mengeluarkan oksigen maka kita dapat pahala terus menerus," ujarnya.

Adapun kegiatan penanaman pohon ini dimulai dengan melakukan Senam Cinta Tanah Air (Sicita) yang diikuti kader dan masyarakat sekitar Kalimalang. Selain Risma, Ketua DPP PDIP Sukur Nababan dan Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono.

Tak hanya itu, hadir anggota DPR Rieke Diah Pitaloka dan Nico Siahaan menyapa warga Kabupaten Bekasi. Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan juga hadir dalam kegiatan itu.

Dalam sambutannya, Ono mengatakan penanam pohon ini bagian dari Program Penghijauan Nasional yang dilakukan PDIP usai menggelar perayaan HUT ke-50 pada Selasa, 10 Januari. Targetnya, ada 50.000 pohon yang ditanam secara serempak di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT ke-50 PDIP. Tentunya kita menjalankan amanat Ibu Ketua Umum, bahwa seluruh kader setelah HUT wajib turun ke tengah rakyat," ujar Ono sebelum acara menanam pohon dimulai.