IHSG Dibuka Melesat ke 6.070: Saham BCA, Bukit Asam, Adaro Diobral Investor Asing
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona positif pada perdagangan awal pekan, Senin 28 Desember. IHSG dibuka menguat 1,02 persen atau 61,31 poin ke level 6.070,02.

Membuka perdagangan, 132 saham menguat, 16 saham melemah, dan 99 saham stagnan. Volume perdagangan pada pembukaan tercatat 336,26 juta lembar  saham dengan nilai transaksi Rp201,18 miliar.

Pada pukul 09.05 WIB, saham-saham yang paling banyak dijual investor asing adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang dijual sebanyak 1,3 juta lembar saham dengan nilai Rp42,5 miliar.

Dilanjutkan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang dijual sebanyak 8,8 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp25,5 miliar. Di posisi ketiga, ada saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) yang dijual Rp11,8 miliar dengan volume transaksi 7,8 juta lembar saham.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, secara teknikal, pergerakan IHSG hari ini masih menunjukkan sinyal positif.

"Mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG. Sehingga IHSG hari ini berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujar Nafan dalam risetnya.

Adapun support maupun resistance berada pada 5.874,89 hingga 6.157,11. Nafan pun merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN), PT HM Sampoerna Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT United Tractors Tbk (UNTR).

Terkait