Pencarian Turis Austria dan Jerman yang Terseret Ombak di Diamond Beach Dilakukan Sampai Selat Lombok
DOK/Wisatawan menikmati pemandangan kawasan wisata Pantai Diamond di Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (5/10/2019). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Bagikan:

DENPASAR - Pencarian dua Warga Negara Asing (WNA) bernama Yury Chernyavskiy asal Jerman dan Matthias Mittringer dari Austria yang hilang terseret ombak di Diamond Beach, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, belum membuahkan hasil.

Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, tim gabungan telah melakukan upaya pencarian dua WNA tersebut hingga hampir ke Selat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tapi belum menemukan tanda-tanda korban.

"Sama sekali kami belum menemukan tanda-tanda dan tadi juga sudah memperlebar area pencarian sampai mendekati Selat Lombok dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) dan belum ditemukan," kata Darmada, Senin, 9 Januari.

Operasi pencarian tim gabungan SAR sudah memasuki hari ketujuh dan korban belum ditemukan.

SAR memperpanjang pencarian korban satu atau dua hari ini. Bila dalam waktu dua hari tetap belum ditemukan maka operasi pencarian tim SAR akan ditutup.

"Kami mencoba dan mempertimbangkan dan optimalkan, satu dan dua hari ke depan dan kita memperpanjang operasi SAR ini. Mudah-mudahan dengan perpanjangan nanti ada harapan korban bisa kita temukan," ujarnya.

"Kalau dua hari belum ketemu (operasi SAR) kita tutup tetapi bukan berarti menghentikan segalanya. Kita tetap melakukan maklumat pelayaran sekiranya ada kapal yang melihat atau menemukan dan menginformasikan kepada nelayan-nelayan agar menginformasikan ke Basarnas kalau sekiranya ada yang melihat kita siap mengevakuasi," lanjutnya.