Pemkab Klungkung Tutup Akses Berenang di Nusa Penida
Nusa Penida Bali/DOK ANTARA

Bagikan:

KLUNGKUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung, Bali, memutuskan untuk menutup akses berenang di tiga pantai yang ada di Nusa Penida.

Tiga pantai tersebut yakni Diamond Beach, Kelingking Beach dan Angel Billabong yang dianggap memiliki arus deras.  Penutupan dilakukan setelah 2 turis asing hilang terseret ombak di Diamond Beach.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta  mengatakan penutupan akses berenang di tiga pantai sudah berlaku hari ini,"Berlakunya mulai sekarang karena baru kemarin kita rapat," kata AKBP Sadiarta, Jumat, 13 Januari.

Penutupan akses berenang di tiga pantai tersebut diputuskan dalam i rapat koordinasi terbatas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang dilakukan pada Kamis (12/1).

"Jadi kemarin dari pihak Forkompinda melaksanakan kegiatan rapat dalam rangka membahas masalah kecelakaan wisatawan asing terutama yang di Pantai Diamond itu. 

Diputuskan untuk sementara pantai ditutup karena arus deras dan menimbulkan korban jiwa.

“Jadi keputusan dari bapak Bupati menutup sementara sambil nanti ada kajian secara ilmiah," imbuhnya.

Tapi dipastikan wisatwan masih bisa datang ke tiga pantai di  Nusa Penida. Namun dilarang berenang.

"Kalau ke pantai itu boleh, yang tidak boleh adalah berenang. Kalau sampai kapan itu perlu kajian dari pemerintah daerah. Kalau saya, dari pihak kepolisian hanya menyarankan untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi dan jangka pendeknya kita tutup akses berenang," sebutnya.

Nantinya akan ditempatkan petugas pantai atau balawista di ketiga pantai di kawasan Nusa Penida. Akan dipasang juga papan peringatan, bendera penanda bahaya, CCTV, pagar pengaman, sirene, maupun menara pemantau.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Wisata Nusa Penida, Nyoman Kariawan, mengatakan kebijakan itu baik untuk mengantisipasi korban akibat terseret ombak.

"Kalau kita lihat hasil rapat kemarin, di sana sudah ada rancangan untuk jangka pendek dan jangka panjang, apa yang harus dilakukan. Jadi nanti di sana akan dibuatkan papan informasi untuk tidak berenang," ujarnya.