SPKLU Sudah Tersedia, PLN Bakal Uji Coba Mobil Listrik dari Jakarta ke Bali
SPKLU PLN. (Foto: Dok. PLN)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan melakukan uji coba perjalanan menggunakan mobil bertenaga listrik dengan rute dari Jakarta menuju ke Bali. Komisaris PLN, Dudi Purwagandi menyebut, rencana uji coba mobil listrik rute Jakarta-Bali ini ditunjang dengan penambahan empat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Keempat lokasi tersebut yaitu SPKLU Rest Area Km 207 A Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), SPKLU Rest Area 379 Tol Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

"Saya ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik ini menuju Bali karena PLN sudah menyiapkan infrastruktur seperti SPKLU. Dari literatur dan infromasi yang ada penggunaan kendaraan listrik di dalam kota sangat efisien, sehingga saya ingin mencoba rute jarak jauh," kata Dudi dalam keterangannya, Jumat, 25 Desember.

Selain itu, dari uji coba jarak jauh ini, Dudi ingin PLN dapat berbagi pengalaman kepada masyarakat yang masih memiliki kekhawatiran dan pertanyaan terkait kendaraan listrik, sekaligus memberikan masukan bagi perusahaan apabila ada yang perlu diperbaiki.

"Saya ingin memberikan input terkait titik-titik lokasi SPKLU ke depannya sehingga memberikan kemudahaan bagi pengguna kendaraan listrik," ucap Dudi.

"Sebab, dari sisi biaya kendaraan listrik menawarkan biaya yang lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak saat ini," tambahnya.

Lebih lanjut, Dudi menyebut bahwa PLN bakal terus membangun SPKLU untuk menunjang perjalanan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Direncanakan hingga tahun 2025 mendatang, PLN akan membangun 2.400 SPKLU.

"PLN berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan," pungkasnya.