Tanggapi Kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel ke Al-Aqsa, Wapres: Harus Diperingatkan
Wapres Ri Ma'ruf Amin (BPMI Setwapres)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menanggapi kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa.

“Itu harus diperingatkan, saya kira Indonesia sudah membuat nota untuk itu,” kata Wapres kepada wartawan usai menghadiri Haul Al Maghfurlah Mama KH. TB. Muhammad Falak Abbas ke-51, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam.

Wapres menyampaikan Indonesia mendukung Palestina dan mendorong solusi dua negara serta kepatuhan terhadap kesepakatan internasional.

Dia menekankan bahwa Indonesia meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat langkah agar tidak ada pelanggaran kesepakatan guna menjaga ketenangan.

“Kita sudah dalam keadaan tidak baik-baik saja, sudah ada perang Rusia-Ukraina. Jangan ditambahi lagi, nanti dunia ini akan dihebohkan hal-hal baru yang mengganggu ketenangan,” tegasnya, dikutip dari Antara.

Diberitakan sebelumnya, Indonesia mengutuk kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir ke komplek Masjid Al-Aqsa pada Selasa (3/1).

Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam sebuah pernyataan tertuils, menyerukan Israel untuk menghormati status quo yang sudah disepakati bersama dan menghindari aksi dan provokasi yang mencederai tempat-tempat suci di Yerusalem.

Pemerintah Indonesia menilai kunjungan menteri Israel tersebut sebagai suatu provokasi yang dapat memicu ketegangan dan siklus kekerasan baru di Palestina.

Untuk itu, Indonesia menyerukan kepada masyarakat internasional, khususnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), untuk terus mendesak Israel untuk menghentikan segala tindakan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di kawasan.